Tanya Dokter

  • Keputihan berwarna kuning seperti susu kental manis saat hamil

  •  Nurlaella
    Anggota
    Siang dok, saya mau bertanya saya sedang hamil 7 bln dan belakangan ini saya suka keluar keputihan warnanya kuning seperti susu kental manis, tapi tidak berbau dan gatal apakah masih normal dok ?
    Nurlaella  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Nurlaella,

     

    Keputihan merupakan salah satu hal yang wajar terjadi pada masa kehamilan karena adanya perubahan hormonal oleh sebabnya penting untuk mengetahui bahwa keputihan yang normal bercirikan tidak berwarna, tidak berbau ataupun tidak menimbulkan keluhan lain seperti gatal atau nyeri pada area kewanitaan.

     

    Munculnya keputihan pada area kewanitaan dapat disebabkan karena candidiasis, trichomoniasis, chlamydiasis atau gonorhea. Adanya perubahan warna pada keputihan merupakan salah satu ciri keputihan yang tidak normal. Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemeriksaan terkait dengan munculnya keputihan.

     

    Pada umumnya dengan melakukan pemeriksaan fisik pada vagina dapat diketahui penyebab dari keputihan yang anda alami namun apabila diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan dari lendir pada vagina untuk selanjutnya dilihat di bawah mikroskop untuk mencari tahu penyebab dari keputihan.

     

    Anda diharapkan untuk tidak mengkonsumsi obat tanpa anjuran dari dokter terutama karena kondisi kehamilan yang sedang dialami. Dianjurkan juga untuk tidak menggunakan sabun pembersih khusus area kewanitaan namun gunakanlah sabun yang lembut untuk mencuci area kewanitaan lalu keringkan sampai benar-benar kering. Mencuci area kewanitaan setiap kali setelah berkemih atau melakukan hubungan intim dengan suami.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi