Tanya Dokter

  • keluar darah setelah selesai keputihan berwarna susu

  • selamat pagi "ALODOKTER" mau nany nih dok,saya kan bru 1 minggu nih slesai haid nya. knpa ya keluar keputihan berwarna seperti susu tpi gak kental,gk berbau,dan gk gatal? udh slesai keputihan nya itu keluar darah gtu dok dri miss v saya tpi gk banyak sih. pdhal kan saya udh slesai nih haid nya. plisss ksih solusi nya ya dok. tks :)

    Hai, Keputihan yang dialami oleh wanita dapat terjadi karena proses normal tubuh atau karena adanya suatu hal lain. Keputihan yang normal umumnya bening, tidak berbau dan tidak berwarna. Jika keputihan yang Anda alami tidak bersifat demikian maka Anda dapat waspada bahwa keputihan mungkin disebabkan oleh :

    1. infeksi jamur - cairan putih susu, biasanya tidak berbau dan disertai gatal
    2. infeksi trichomoniasis - cairan kuning kehijauan, bebau
    3. infeksi bakterial vaginosis - cairan putih abu-abu, bau amis, gatal
    4. kanker serviks - cairan berwarna merah muda atau coklat karena bercampur darah
    5. dan lainnya
    Sementara itu, perdarahan yang terjadi diluar siklus menstruasi normal / diantara sikus menstruasi yang normal dikenal di dunia medis dengan istilah metrorrhagia. Darah yang keluar dapat sedikit maupun banyak, dan dapat terjadi dalam interval waktu yang teratur maupun tidak. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab metrorrhagia :
    1. ketidak seimbangan hormon; termasuk akibat penggunaan KB, menjelang menopause, pubertas
    2. endometriosis
    3. infeksi atau kanker serviks
    4. infeksi atau erosi pada vagina
    5. masalah pada organ reproduksi wanita lain seperti indung telur dan tuba falopi
    6. kelainan pembekuan darah
    7. dan lainnya
    Untuk mengetahui apa yang menjadi dasar penyebab keluhan yang Anda alami, Anda dapat memeriksakan diri secara langsung ke dokter atau dokter spesialis obgyn (kebidanan dan kandungan). Dokter butuh untuk menanyakan riwayat keluhan, melakukan pemeriksaan fisik, termasuk menggunakan vaginal spekulum jika diperlukan dan melakukan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, pemeriksaan cairan keputihan, USG. Penanganan yang terbaik yang dapat diberikan akan berbeda-beda, tergantung apakah penyebab yang ditemukan menjadi penyebab dari keluhan yang Anda alami tersebut. Berikut merupakan beberapa hal sederhana untuk mengatasi keputihan :
    • bersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat
    • jangan terlalu sering menggunakan produk perawatan daerah kewanitaan
    • ganti pakaian dalam setiap basah dan lembap
    • jangan terlalu sering menggunakan pantyliner
    • jangan gunakan celana dalam yang terlalu ketat, dan sebaiknya gunakan yang berbahan katun
    Untuk membaca artikel mengenai menstruasi tidak normal Anda dapat buka laman ini. Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari