Tanya Dokter

  • Keputihan cair dan menggumpal berwarna coklat

  •  Arif Arnaz
    Anggota
    Malam dok,saya mau tanya dok.. Gini dok,saya kn abis kuret tgl 27 Oktober cek up lgi tgl 4 November kmren dok.. Wktu cek up tgl 4 di USG msh ada gumpalan darah.. Saya cman di kasih obat 6 butir saja.. Utk di minum 1 hari 2 x 3 tablet - 3 tablet.. Skrang suka satu minggu dri cek up tgl 4 itu.. Kmren saya mengeluh sakit mules di perut yg kmren di kuret,saya tdk keluar darah cman keluar keputihan cair berlendir warna coklat.. Tdi jga saya keluar keputihan,tpi tdk cair malah menggumpal msh warna coklat.. Yg saya tanya nya kn,itu keputihan coklat normal apa gmna ya dok.. Apa keputihan itu peroses saya pemulihan krna kuret_an dok.. Sembuh total bekas kuret brapa bulan iya dok.. Pantangan makanan apa za iya dok klo org abis kuret.. Please tolong jawab smwa nya iya dok,saya butuh jawaban nya..

    Halo Arif, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Keputihan pada wanita sebenarnya normal ditemui selama tidak terdapat perubahan warna (keputihan normal berwarna jernih hingga keputihan), tidak disertai gejala lain (seperti gatal atau nyeri pada vagina), dan jumlahnya tidak terlalu banyak (sesuai dengan siklus menstruasi). Keputihan berwarna cokelat yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut ini:

    • Keputihan yang bercampur dengan gumpalan darah yang lama di dalam rahim sehingga berwarna cokelat
    • Tanda adanya penyakit menular seksual, seperti gonore, kutil kelamin, klamidia, dan trikomoniasis
    • Penyakit radang panggul
    • Atrofi vaginitis
    • Polip rahim, dan sebagainya

     

    Apabila keputihan cokelat tidak juga menghilang, disertai gejala lainnya seperti demam, nyeri kepala, nyeri perut hebat, perut membesar, jumlah keputihan semakin banyak atau berbau, dan nyeri/kemerahan/ruam pada vagina sebaiknya Arif segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini dapat menandakan adanya infeksi pada rahim Anda. Dokter akan membantu mengevaluasi lebih lanjut dan kemudian memberikan penanganan yang sesuai.

    Dinding rahim yang sudah dikuret perlahan-lahan akan pulih seiring berjalannya waktu. Jika keguguran terjadi pada 3 bulan awal kehamilan, siklus menstruasi umumnya kembali setelah 4-12 minggu setelah kuretase. Namun, jika siklus menstruasi tidak kembali setelah 6 minggu sebaiknya Anda kembali menghubungi dokter. Tidak ada pantangan makanan untuk orang yang habis kuret. Akan tetapi, untuk berhubung intim kembali sebaiknya menunggu darah selesai keluar untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi.

    Artikel mengenai keputihan cokelat dan perawatan setelah kuretase dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L