Tanya Dokter

  • Keputihan berwarna coklat setelah 2 hari senggama

  •  kelvin17
    Anggota
    Dok kenapa istri saya keputihan berwarna coklat setelah 2 hari melakukan segama? Mohon penjelasannya dok

    Hai kelvin, terima kasih atas pertanyaannya. Keputihan  pasti akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Keputihan atau keluarnya cairan dari area kewanitaan memang secara normal dialami oleh setiap wanita. Keputihan diakibatkan oleh perubahan hormon juga berguna untuk melindungi area intim wanita dari infeksi. Keputihan terutama terjadi pada saat menjelang haid dan pada saat kehamilan. Keputihan yang normal berwarna bening atau putih tidak berbau dan tidak gatal.

    Sementara keputihan yang tidak normal bisa menghasilkan cairan yang berwarna kehijauan, abu-abu hingga keputihan disertai bercak darah. Berikut beberapa kemungkinan yang menyebabkan keputihan yang tidak normal :

    1. trikomoniasis
    2. infeksi jamur
    3. bakterial vaginosis
    4. radang panggul
    5. kanker serviks

    Keputihan yang gatal dan menyerupai gumpalan biasanya disebabkan oleh infeksi jamur candida pada area kewanitaan. Sementara keputihan yang kecoklatan dengan bau tidak sedak biasanya disebabkan infeksi parasit trikomoniasis. Sebaiknya suatu keputihan yang tidak normal segera diperiksakan ke dokter terdekat. Biasanya akan diberikan pemberian obat-obatan antibiotik atau antijamur sesuai dengan infeksi yang terjadi. Dokter mungkin juga akan meminta Anda memeriksakan darah, urin hingga pemeriksaan cairan keputihan yang muncul.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa