Tanya Dokter

  • keputihan dan ada bintik

  •  Dhita
    Anggota

    halo pak dokter, umur saya masih dibawah 15tahun , waktu itu saya pergi kemasjid untuk cari toilet tapi saat saya melihat cd saya , saya melihat warna putih lendir saya kira saya terkena penyakit , ternyata tidak. 1.jadi apakah keputihan dalam umur dibawah 15# tahun akan mengakibatkan dampak buruk? • beberapa bulan kemudian agak sudah lama kirakira 7-9bulan saya lihat cd saya berbintik hitam hitam seperti noda , saya kira saya sudah menatuarsi tapi saya tidak tau itu apa? sampai sekarang saya sangat berpikir tentang bintik hitam itu. 1 apakah alat rpdksi saya akan mengakibatkan dampak buruk? 2 bagaimana cara menghilangan bintik hittam itu? 3 kenapa bisa terjadi pada saya? 4 apa yang dimaksud dengan bintik hitam pada cd saya? 5apakah cd yang msih ada noda itu boleh dipakai lagi?

    saya takut dalam besar nanti saya mendapatkan penyakit yang tdk dapt disembuhkan , tolong jawabannya pak dokter , saya takut.

    Halo Dhita, Keputihan dianggap normal jika berwarna bening atau keputihan, tidak berbau, tidak berubah warna, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Keputihan merupakan hal yang wajar pada seseorang yang akan mengalami menarche atau mentruasi pertamanya. Bercak hitam yang terdapat di celana dalam mungkin saja spotting akibat darah menstruasi. Sebelumnya Dhita harus tahu terlebih dahulu, seseorang yang baru akan mengalami menstruasi, kondisi hormonalnya tidak sama dengan orang dewasa. Mungkin saja Dhita akan mengalami beberapa kali spotting atau flek baru setelah itu menstruasi akan mulai teratur. Dengan bertambahnya usia, hormon semakin stabil, maka pola menstruasi akan terbentuk dengan sendirinya. Selain itu, celana dalam yang telah dicuci dengan bersih dapat Dhita pakai kembali. Jika Dhita khawatir, maka mintalah orang tua Dhita untuk mengantarkan kamu ke dokter terdekat. Silahkan baca artikel berikut tentang menstruasi Semoga membantu, dr. Tri