Tanya Dokter

  • Keputihan dan luka perenium yang terbuka

  •  INna Lutfiya
    Anggota
    asslmualaikum, saya ina usia 24 thn, dok saya mau tanya, saya habis melahirkan sudah 2 bln tp trnyta jaitan perenium saya trbuka dan lukanya terbuka lalu saya juga keputihan d sertai gatal dan yg saya tanyakan sekarang 1. bagaimana cara mengeringkan luka perenium yg trbuka tnpa harus d jahit lagi? 2. bagaimana caranya agar keputihan saya bisa cepat sembuh agar luka tdk terus basah krna keputihan? jika memakai albotyl ovula apakah aman?

    Hai Inna. Kondisi yang anda alami dimana adanya robekan pada jahitan perineum ini, harus dikonsultasikan dengan dokter. Hal ini untuk melihat seberapa besar dan dalam yang terlepas dan bagaimana kondisi lukanya. Jika kondisi luka tidak besar dan tidak dalam, serta tidak memungkinkan beresiko membuat saluran baru terutama yang berhubungan dengan rektum (dinding usus dekat anus), maka hanya menjaga agar luka tetap kering dan merawat luka tanpa jahitan dapat dilakukan. 

    Keputihan sendiri memang dapat menjadi penyulit terutama jika banyak dan berkontak dengan luka anda. Mencari penyebab keputihan anda penting sebagai penanganan. Keputihan sendiri dapat normal maupun tidak normal dimana normal berwarna transparan sampai putih, tidak berbau dan tidak gatal. Hal ini dapat terjadi terutama jika anda sedang kelelahan, stres, menjelang menstruasi, masa subur, ataupun kehamilan. 

    Sedangkan yang tidak normal dimana memiliki warna selain transparan sampai putih, gatal, berbau dapat disebabkan oleh 

    1. Trikomoniasis 

    2. Vaginosis bakterial

    3. Candidiasis

    4. Kanker serviks

     

    5. Gonore

    Konsultasikan dengan dokter kandungan anda mengenai kondisi yang anda alami. Pemeriksaan fisik dapat amat sangat membantu untuk menilai penyebab dan luka yang anda alami. Hal yang dapat anda lakukan yakni 

    1. Menghindari penggunaan sabun yang berpewangi atau pencuci vagina (douche)

    2. Menjaga pola hidup sehat dengan makanan gizi seimbang, kelola stres, dan istirahat cukup 

    3. Merawat luka dengan membersihkan daerah luka dengan larutan saline dan mengeringkan daerah tersebut. Menutup kembali luka dengan kassa yang dibasahi larutan saline dan ditutup dengan kassa kering dapat membantu. Namun, mengingat anda mengalami keputihan, resiko infeksi menjadi ada. 

    4. Jaga daerah kewanitaan tetap kering dan hindari pemakaian celana yang terlalu ketat

    Konsultasikan kembali dengan dokter anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa