Tanya Dokter

  • keputihan dan nyeri pada kemaluan saat haid

  •  Sur Yana
    Anggota

    AWW.

    Dokter saya mengalami keputihan pada saat setelah haid dan itu sangat banyak apakah itu adanya bakteri berkembang biak/iritasi?

    berkenaan dengan nyeri saat datang bulan pada kemaluan itu membuah pegal yang sangat sakit sehingga untuk bergerak pun sulit mengapa demikian terima kasih ..?

    www.

    Hai, Keputihan sebenarnya adalah reaksi normal untuk membersihkan organ kewanitaan. Normalnya keputihan fisiologis ini tidak berwarna/ jernih dan tidak berbau. Jika keputihan yang Anda alami menjadi berbau menyengat ( amis), gatal dan berubah warna menjadi putih atau kekuningan maka ini  berarti bahwa telah terjadi infeksi pada organ kewanitaan Anda. Penyebab yang bisa menyebabkan Infeksi ini bisa disebabkan :

    1. Jamur
    2. Bakteri
    3. Virus
    Yang setiap penyebab memiliki penanganan yang berbeda. Maka jika keputihan yang Anda alami seperti gambaran infeksi diatas segeralah menemui dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan yang lebih seksama. Dokter akan memeriksa keputihan yang Anda alami dengan melakukan pemeriksaan fisik per vaginam, pemeriksaan darah , dan  biakan dari keputihan Anda jika perlu sehingga keputihan Anda dapat ditangani dengan tepat. Sedangkan rasa nyeri saat haid / dismenorhea timbul akibat kontraksi rahim anda untuk pengeluaran darah. Letaknya bervariasi mulai dari :
    • Perut bagian bawah.
    • Vagina.
    • Punggung Bawah.
    Jika nyeri yang Anda rasakan sangat mengganggu , periksalah segera ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.Sebab nyeri haid yang berlebihan dan sangat mengganggu bisa disebabkan penyakit yang lebih serius seperti :
    1. Endometriosis.
    2. Kista / Polip.
    3. Gangguan hormon.
    4. Stress.
    5. Infeksi.
    Anda bisa melakukan langkah langkah untuk mengurangi rasa nyeri haid dengan:
    1. Kompres hangat di perut bagian bawah.
    2. Meminum obat pereda nyeri seperti parasetamol yang beredar di pasaran .
    3. Olahraga teratur.
    Semoga bermanfaat.   dr.Yusi