Tanya Dokter

  • Keputihan dan lecet pada bagian vagina

  • Assalamualaikum,saya mau tanya lagi dok,sering keputihan itu d sebabkan apa?dan apa cara cepat mengatasi keputihan,? Kebetulan juga miss v saya lecet tadinya terasa agak perih jika kena urin saya,dan saya tdak tau kalau miss v saya lecet,nanti sudh berminggu"baru saya sadari kalau miss v saya trnya lecetnya smakin bertmbah rasa seperti menonjol keluar,tpi perihnya sudah agk berkurang setelah sya mnum amoxcilin sama asamefenamat,itu lecetnya setelah saya haid,krna saya memakai pembalut terlebih dahulu,sbelumnya saya blum pernah memakai pembalut trlebih dahulu sebelum pakaian dalam saya,itu bisa berbahaya ga dok?

    Halo Oktaviani.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami berupa Keputihan sebenarnya merupakan hal yang wajar untuk dialami oleh wanita pada segala usia. Keputihan sendiri memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam servis dan vagina.

    Cairan keputihan membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih. Apabila keputihan masih dalam kategori normal, dimana tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, tidak menimbulkan rasa sakit pada perut bagian bawah, tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri pada organ intim, maka Anda tidak perlu khawatir berlebih.

    Akan tetapi apabila keputihan sudah dikategorikan sebagai keputihan yang tidak normal, maukah haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, agar dapat diberikan pengobatan sesuai dengan penyebab pasti yang menimbulkan hal ini. Keputihan dan tidak normal umumnya disebabkan oleh karena infeksi bakteri, penyakit menular seksual, infeksi jamur, kanker serviks, dan lain sebagainya.

    Jika memang keputihan yang Anda alami sudah membuat Anda terganggu, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KEPUTIHAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati