Tanya Dokter

  • Keputihan gatal, panas dan perih pada saat hamil

  •  kiki
    Anggota

    Selamat sore dok,

    saat ini saya (usia 28 Tahun) sedang hamil anak kedua usia kehamilan sudah 2 bulan.saya mengalami keputihan tidak berbau,berwarna putih, namun berasa panas, perih dan gatal jika keluar mengenai luar vagina.jika berhubungan dengan pasangan, selalu gatal dok,namun semenjak hamil saja. kehamilan pertama sekitar 3 tahun yg lalu tidak pernah merasa seperti ini. hal ini disebabkan karena apa ya dok dan bagaimana mengatasinya ? apakah ini ada hubungannya dengan penyakit HPV yg saya alami? tahun 2011 saya pernah terkena condyloma diluar vagina dan sudah sembuh serta disuntik cevarix 1 sampai 3.apakah ini muncul lagi didalam vagina? saya semenjak sembuh belum melakukan pap smear lagi . terim a kasih dokter.

    Halo,   Keputihan yang menimbulkan gejala panas dan perih bisa disebabkan karena infeksi pada organ intim Anda, dan karena mengingat kondisi Anda sedang hamil muda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan kembali untuk memastikan penyebab keputihan Anda dan mendapatkan pengobatan sesuai kondisi Anda. Keputihan bisa disebabkan karena :

    1. Infeksi menular seksual = gonore, chlamidia, trikomonas
    2. Vaginosis bakterial
    3. Infeksi jamur
    4. Kebersihan / Higiene yang buruk
    5. Cara membersihkan organ intim yang salah.
    6. Perubahan hormonal = kehamilan
    7. dll.
    Dengan keluhan keputihan yang terasa panas dan perih tersebut mungkin penyebabnya dikarenakan infeksi menular seksual, belum tentu disebabkan oleh condyloma (HPV ) Anda namun untuk memastikan pemeriksaan tes lendir vagina, pemeriksaan spekulum, tes darah dan urin bisa membantu menegakkan penyebab keputihan Anda. Dengan mengetahui penyebab keputihan Anda maka pengobatan bisa diberikan agar tidak mengganggu pertumbuhan janin Anda. Jaga kebersihan organ intim dengan seksama , lap kering organ intim terutama sehabis BAB/ BAK serta gunakan celana yang berbahan katun bisa membantu mengurangi keluhan Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi