Tanya Dokter

  • Keputihan berbau dan menstruasi singkat

  • Dok saya umur 24th blm menikah. Daerah di skitar selangkangan saya sering gatal sm di sekitar vagina nya. Kalau blh tau penyebabnya apa ya? Saya jg keputihan agak bau. Tp sudah sekiyar 1bulanan saya coba pakai pantyliner avail untuk keputihannya. Sama durasi menstruasi saya kok cepat sekali ya? Padahal dulu waktu menstruasi itu bisa sampai 1minggu dlm 1bulan tapi akhir2 ini kalau saya menstruasi paling lama cuma 3-4hari sudah selesai/sudah bersih. Apa itu akan menghambat saya untuk hamil kalau sudah menikah nanti? Mohon penjelasannya ya dok. Terima kasih

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Keputihan merupakan suatu kondisi yang cukup wajar dialami setiap wanita. Pada dasarnya keputihan ini berfungsi untuk melindungi daerah kewanitaan dari kemungkinan infeksi dan iritasi. Pada saat keputihan, lendir yang dikeluarkan dari vagina akan membawa sel-sel mati dan bakteri agar vagina tetap bersih. Ciri keputihan yang normal adalah:

    1. Lendir berwana bening hingga keputih-putihan
    2. Tidak berbau
    3. Tidak disertai rasa gatal atau perih pada daerah vagina

    Beberapa jenis keputihan yang tidak normal antara lain:

    • Keputihan dengan lendir berwarna cokelat atau disertai darah. Biasanya terjadi bila seorang wanita mengalami keputihan saat memasuki periode menstruasi
    • Keputihan disertai dengan rasa nyeri dan perdarahan. Biasanya rasa nyeri timbul didaerah panggul atau pada saat buang air kecil. Kondisi ini terjadi pada beberapa penyakit menular seksual seperti Chlamydia dan Gonore
    • Keputihan dengan lendir berwarna hijau, kuning, atau berbuih. Jenis keputihan ini disebabkan oleh trikomoniasis yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. 
    • Keputihan disertai luka melepuh di sekitar genital. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi dari virus herpes genitalis.
    • Keputihan dengan lendir berwarna putih kental seperti susu dan disertai rasa gatal. Sering disebabkan oleh infeksi jamur yang dikenal dengan kandidiasis vaginalis.
    • Keputihan dengan lendir berwarna putih atau abu-abu dan berbau amis. Biasanya diakibatkan oleh ketidakseimbangan bakteri pada daerah vagina yang dikenal dengan kondisi vaginosis bakterialis.

    Untuk mendiagnosisnya dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter terkait dengan keluhan yang Anda alami. Mungkin bila diperlukan dokter akan memeriksa sedikit cairan keputihan yang Anda alami untuk melihat kemungkinan apakah terdapat infeksi bakteri atau tidak.

    Siklus menstruasi sendiri normalnya terjadi setiap 21-35 hari dengan durasi antara 3 - 5 hari. Dan tidak semua wanita memiliki frekuensi dan durasi menstruasi yang sama dengan wanita lainnya dan bahkan terkadang pada wanita yang sama, siklus menstruasi ini dapat berbeda setiap bulannya karena siklus menstruasi ini sangat dipengaruhi oleh kondisi hormonal seseorang. Kondisi hormon ini bergantung pula pada pola hidup dan manajemen stress seseorang. Untuk proses kehamilan sendiri sebenarnya tidak ada kaitan langsung dengan siklus menstruasinya, namun dalam merencanakan kehamilan nantinya sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan sebelum Anda dan pasangan menikah. Sehingga program kehamilan pun dapat berlangsung dengan baik.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati