Tanya Dokter

  • Keputihan saat hamil

  •  purie
    Anggota

    sy berusia 20th dan sy sedang hamil 5w. sy tetap menjalankan puasa. dari kemarin sore sy mengalami keputihan dgn cairan brwrna putih kental dan gatal d daerah kemaluan. krn sy gemuk jd di selangkangan sampai ruam. saat sahur kemarin malam sy memang banyak minum air putih jadinya sy bolak balik bak sampai clna dlam basah . apa itu dok penyebab keputihan sy sekarang ? normalkah keputihan saya ini? pengaruhkah keputihan dgn kehamilan sy? oiya dok kalau sy membersihkan vagina sy dgn sabun asepso apakah aman ?? tolong segera dibalas ya dok . trimakasih .

    Hai Rierie Keputihan dapat terjadi normal pada saat kehamilan akibat dari perubahan hormonal, peningkatan pembuluh darah pada leher rahim dan juga salah satu respon dari rahim untuk mencegah naiknya infeksi dari vagina. Ciri-ciri dari keputihan yang normal antara lain:

    • Sedikit
    • Warna jernih
    • Tidak kental
    • Tidak berbau
    • Tidak disertai gatal dan nyeri.
    Jika tidak memenuhi kriteria diatas, ada kemungkinan bukan suatu keputihan yang normal. Biasanya keputihan terjadi akibat infeksi. Pada saat hamil lebih mudah terjadi infeksi akibat di tipisnya dinding vagina dan juga perubahan hormonal. Keputihan yang kental disertai gatal kemungkinan disebabkan oleh infeksi jamur. Penyebab lain dari keputihan adalah bakteri, parasit, dan virus. Keputihan akibat infeksi pada saat hamil dapat menyebabkan, antara lain:
    • Ketuban pecah dini
    • Persalinan prematur
    • Gangguan pada janin tergantung dari jenis infeksi.
    Sebaiknya tidak menggunakan antiseptik, pembersih, pengharum dsb pada daerah vagina dikarenakan dapat mengubah tingkat keasaman dan mematikan kuman normal pada vagina yang berpotensi tumbuhnya kuman jahat dan jamur. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung. Informasi lengkap mengenai penyebab keputihan dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Keputihan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    purie  purie
    Anggota

    trimakasih dok atas jawabannya. kemarin selama 1hr sy hanya di rumah dan tdk memakai clana dlm agar vagina sy tetap kering. sekarang gatalnya sudah berkurang dan ruamnya sudah hilang. cairan putihnya masih keluar walau tdk banyak seperti yg awal tp tdk berbau. apakah sy masih memerlukan obat dok? katanya kalau obat anti jamur itu bebas dijual d apotik. kira kira obat anti jamur apa yang baik untuk saya karena saya sedang hamil sekarang?