Tanya Dokter

  • Keputihan saat hamil dan mengeluarkan bau tidak sedap

  •  Nuray
    Anggota
    Selamat malam dokter.... saat ini saya sedang hamil sekitar 1,5 bulan. di masa kehamilan Saya sering mengalami keputihan. Jenis keputihan saya kadang berwarna putih, kadang juga tidak berwarna, tetapi mengeluarkan bau yg tidak sedap. Selain itu sebelum hamil pun saya sering mengalami keputihan saat bergairah dan saat berhubungan intim. Bau yang keluar pun tidak sedap seperti bau ikan Sehingga sangat menggangu saat selesai berhubungan terlebih lg dengan suami. Apakah hal tersebut aman atau tidak dok.

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Keputihan merupakan hal normal dan kondisi alami yang berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi. Saat keputihan, vagina akan mengeluarkan lendir yang diproduksi oleh kelenjar dalam vagina dan leher rahim yang keluar sambil membawa sel mati serta bakteri.

    Keputihan yang dianggap normal adalah keputihan yang bening, berwarna agak keputihan, tidak berbau, tidak menimbulkan rasa gatal atau perih. Keputihan normal terjadi sebelum menstruasi, setelah menstruasi, hamil, karena rangsangan seksual. Terkadang keputihan juga muncul saat stress, kelelahan, karena penggunaan obat atau pil KB, dan status nutrisi.

    Keputihan yang berbau seperti bau ikan harus diwaspadai. Kemungkinan terjadi infeksi parasit yang disebut Trichomonas vaginalis. Gejalanya antara lain keputihan dengan produksi lendir yang banyak, berbau amis, disertai rasa perih saat buang air kecil.

    Untuk itu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Selain anamnesis (wawancara) dan pemeriksaan fisik, diperlukan juga beberapa pemeriksaan penunjang misalnya pemeriksaan cairan vagina atau pap smear.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di: https://www.alodokter.com/keputihan

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.