Tanya Dokter

  • Keputihan berbau dan terus-menerus

  • Selamat malam dok .. Saya sudah lama mengalami keputihan yang bau terus menerus itu gimana cara penyembuhannya ya dok dan di sebabkan karna apa ..

    Hai Puput, Keputihan merupakan keadaan yang dapat dialami oleh semua wanita. Keputihan dapat terjadi secara normal namun bisa juga terjadi karena sesuatu yang tidak normal. Keputihan yang normal berfungsi untuk mengeluarkan sel-sel mati dan bakteri melalui lendir yang diproduksi oleh leher rahim (serviks). Pada keadaan normal keputihan yang dialami berwana putih sampai kekuningan dan tidak disertai rasa gatal dan rasa nyeri. Namun pada kasus yang tidak normal keputihan berwarna coklat atau kemerahan atau berwarna pink dan disertai dengan rasa gatal dan nyeri. Penyebab keputihan tidak normal adalah sebagai berikut:

      Akibat jamur/kandidosis vaginalis yaitu keputihan yang berwarna putih seperti susu dan sangat gatalAkibat ketidakseimbangan bakteri normal di vagina/vaginosis bakteri yaitu keputihan yang berwarna putih atau abu-abu disertai bau amisAkibat infeksi parasit/
    trikomoniasis
      yaitu keputihan yang berwarna kuning kehijauan atau berbuih dan sangat gatalAkibat
    infeksi menular seksual
      (
    gonore
      ,
    clamydia
      , herpes) yaitu keputihan yang berwarna kuning kehijauan dapat disertai dengan nyeri BAK dan perdarahan, dpat juga menyebabkan nyeri panggul.
    Apabila anda mengalami salah satu keputihan tidak normal maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan dan dapat diberikan pengobatan yang sesuai. Beberapa anjuran yang dapat anda lakukan untuk mencegah keputihan adalah:
    • Menjaga kebersihan organ intim anda dengan air hangat bersih
    • Menggunakan celana dalam berbahan katun
    • Mengganti celana dalam jika celana dalam sudah lembab atau berkeringat
    • Hindari penggunaan sabun vagina yang berbahan kimia
    • Hindari stress
    • Hindari penggunaan pantyliner
    • Gunakan pengaman jika melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat kesehatannya
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Keputihan Keputihan setiap hari Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit