Tanya Dokter

  • Keputihan gumpalan putih, tidak gatal namun berbau

  • Malem dokter,, saya keputihan dari awal hamil sampai usia 6 bulan,, keputihan berupa cairan dan kadang gumpalan berwarna putih susu,, tapi tidak gatal.. Yg saya keluhkan keputihan itu berbau dok,, jadi bikin kurang nyaman.. Saya juga sudah sangat menjaga kebersihan area v,, tapi tak kunjung usai.. Mohon infonya.. Terima kasih.

    Halo Diyra.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

     Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa Keputihan pada saat kehamilan, sebenarnya merupakan suatu kondisi yang normal. Keputihan saat hamil terjadi oleh karena peningkatan kadar estrogen dan meningkatnya aliran darah ke vagina sehingga membuat frekuensi dan Kadar Keputihan semakin meningkat. 

     Jika Keputihan yang dialami saat hamil terlihat normal dengan cairan jernih atau sedikit Keputihan dan tanpa bau, ataupun tidak disertai dengan nyeri dan rasa gatal pada vagina, maka Anda tidak perlu khawatir berlebih. 

    Akan Tetapi oleh karena Keputihan yang Anda alami sudah menimbulkan bau yang tidak sedap, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, oleh karena Keputihan yang Anda alami kemungkinan dikategorikan sebagai Keputihan yang tidak normal di mana disebabkan oleh karena infeksi jamur. 

     Selain oleh karena infeksi jamur, Keputihan dengan kategori tidak normal yang terjadi pada saat kehamilan dapat juga disebabkan oleh : vaginosis bakterial yang disebabkan karena pertumbuhan bakteri yang berlebihan pada pagina, infeksi bakteri Group B strep yang mengakibatkan infeksi serius, trikomoniasis.

     Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa Keputihan yang tidak normal pada saat kehamilan, jika tidak diatasi dengan baik maka dapat mengganggu kehamilan, di mana salah satunya dapat menimbulkan kelahiran Prematur. 

     Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KEPUTIHAN

     Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam,

    Dr. Jati