Tanya Dokter

  • Keputihan tidak normal

  •  Si Bungsu
    Anggota

    Selamat pagi dokter, saya virna umur 21 tahun. saya mengalami keputihan berwarna keruh dan lengket, terkadang disertai muncul rasa sakit dibagian perut bawah dan terasa panas di daerah pinggang sebelah kanan. Apa solusi untuk permasalahan saya ini dokter?

    Halo Virna, Keputihan merupakan hal yang wajar sekali terjadi pada wanita. Keputihan merupakan suatu mekanisme tubuh untuk membersihkan vagina dari sel-sel yang mati dan juga kuman. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna jernih atau agak keputihan. Jika keputihan sudah menimbulkan keluhan seperti berubah warna, berubah bau, gatal, maka kemungkinan besar keputihan ini disebabkan oleh adanya infeksi. Untuk menentukan apakah penyebab dari infeksi tersebut, tentunya kamu perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang lain seperti pemeriksaan usap lendir vagina untuk menentukan apakah keputihan kamu disebabkan oleh jamur, trikomonas, bakteri, ataukah yang lainnya. Sedangkan nyeri di perut bagian bawah dan panas pada pinggang, dapat disebabkan oleh kondisi di bawah ini :

    Silahkan memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan secara rinci untuk mengetahui apakah penyebab dari keluhan kamu. Kadangkala pemeriksaan penunjang seperti USG akan cukup membantu dalam menegakkan diagnosis. Untuk sementara waktu, kamu dapat mengikuti anjuran berikut :
    • Banyak meminum air putih
    • Hindari menahan pipis
    • Membasuh organ intim dengan air hangat dengan gerakan dari depan ke belakang
    • Hindari menggunakan sabun pembersih vagina
    • Hindari penggunaan celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat
    • Rutin mengganti pembalut saat haid
    Semoga membantu yaa, dr. Tri  

    Si Bungsu  Si Bungsu
    Anggota

    terimakasih dokter atas jawabannya. saya sudah periksa kedokter dan di USG, tes urin juga sudah. tapi hasil nya saya tidak sakit apapun. Tapi saya sering mengalami sakit di perut bawah dan panas di bagian pinggang berulang-ulang.