Tanya Dokter

  • keputihan disertai gatal pada sekitar vagina

  •  Rizky Ika
    Anggota

    Selamat pagi dok saya jg mau tanya sekitar keputihan,begini dok,,,sudah jalan setahun ini saya pasang kb IUD,selama ini jg saya jd sering keputihan,bahkan setiap hari,keputihannya kadang bening,kadang putih,tp tidak berbau,hanya saja jadi mengakibatkan gatal di sekitar mis v.dan itu sangat gatal.sudah berbagai macam saya lakukan,dg minum obat,dan memake albotyl,dan jg air daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaan saya,dan saya jg rutin mengganti celana dalam saya,tp gatal dan keputihan itu ttp saja tidak kunjung hilang,sudah sempat konsultasi ke dokter jg,katanya hanya keputihan biasa saja,tp knp keputihan dan gatal saya tdk kunjung hilang ya?kiranya obat apa yg bisa saya konsumsi untuk menghilangkan keputihan dan gatal pada mis v saya ya?

    Hai Rizky, Keputihan sebenarnya secara normal dapat dialami oleh wanita dalam kondisi tertentu seperti menjelang menstruasi, saat kehamilan, dalam kehamilan, dan sebagainya. Keputihan yang normal memiliki ciri tidak berwarna (putih atau jernih), tanpa bau, serta tidak disertai dengan rasa gatal atau nyeri. Keputihan yang terasa gatal seperti yang Anda alami merupakan kondisi yang tidak normal. Hal ini mungkin dapat berkaitan dengan penggunaan KB spiral. Selain itu keputihan yang timbul dapat pula diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab lainnya seperti:

    Mengingat keluhan kerap berulang maka sebaiknya kembali Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan yang merawat Anda. Dokter mungkin akan menganjurkan tes penunjang untuk menelusuri penyebabnya lebih lanjut (seperti tes sampel cairan vagina, tes darah, USG dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Kenakan pakaian dalam yang berbahan katun dan tidak ketat
    • Mengganti pakaian dalam secara teratur, terutama bila sudah terasa lembab atau basah
    • Bersihkan dan keringkan organ intim setiap kali sesudah mandi atau ke toilet
    • Biasakan membasuh organ intim dari arah depan ke belakang untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke vagina
    • Mengganti pembalut secara teratur saat menstruasi
    • Menghindari penggunaan pembersih kewanitaan, pantyliner, dan pembalut beraroma
    Beriukut ini artikel yang dapat Anda baca: Keputihan Cara mengatasi keputihan Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman