Tanya Dokter

  • keputihan/lendir setelah melahirkan

  • siang dok...usia sya sekarang 20 thn...saya habis melahirkan dan usia ank sya 1 bln lebih...yg saya tnyakan masa nifas biasanya 40 hari tpi darah nifas sya sudah berhenti sbelum 1 bln ..dan sekarang keluar semacam lendir putih....kenapa bgitu dok dan apakah itu penyakit/ tidak...???

    sbelumnya terima kasih atz jwabannya....

    Hai, Setelah melahirkan setiap wanita akan mengalami keluarnya sekret / cairan dari jalan lahir, dalam dunia medis dikenal dengan istilah 'lochia'. Lochia ini terdiri dari peluruhan dari dinding rahim setelah melahirkan, disertai darah dan bakteri. Peluruhan ini akan terus terjadi hingga terbentuk lapisan dinding rahim yang baru. Lochia akan tetap dialami oleh setiap ibu yang baru melahirkan, baik dengan kelahiran normal maupun dengan operasi cesar. Seiring dengan kembalinya dinding rahim menuju normal, lochia akan mengalami perubahan warna, konsistensi dan jumlahnya. Secara garis besar keluarnya lochia dibagi menjadi 3 tahap :

    1. Lochia Rubra
      • Pada hari-hari awal setelah melahirkan lochia mengandung jumlah darah yang sangat banyak, sehingga akan terlihat berwarna merah seperti layaknya menstruasi.
    2. Lochia Serosa
      • Lama-kelamaan cairan yang keluar dari jalan lahir akan berubah warna menjaadi kecoklatan atau merah muda dan jumlahnya juga akan makin berkurang. Umumnya proses ini dapat terjadi beberapa hari hingga 2 minggu setelah melahirkan.
    3. Lochia Alba
      • Pada saat ini, keluarnya cairan dari jalan lahir berwarna putih atau putih kekuningan. Tahap ini biasanya terjadi mulai minggu ketiga hingga keenam setelah melahirkan.
    Perdarahan yang dialami seorang wanita setelah melahirkan dapat timbul paling cepat selama 2 minggu dan paling lama selama 6 minggu setelah hari melahirkan. Keluarnya lendir putih yang Anda alami sekarang kemungkinan besar karena Anda sedang berada dalam fase lochia alba. Anda sebaiknya waspada dan memeriksakan diri Anda ke dokter jika Anda mengalami :
    1. Demam dan menggigil
    2. Keluarnya sekret berbau tajam
    3. Perut bagian bawah terasa sakit
    4. Perdarahan tetap terus menerus terjadi dalam jumlah yang banyak
      Semoga bermanfaat, Dian Paramitasari, dr.