Tanya Dokter

  • Penanganan keracunan obat kadaluarsa

  •  Clay Lee
    Anggota

    Dok saya mau tanya,,tadI pagi skitar jam 9.30 saya smoke ice 4isapan,,,dan jam 2siang saya minum pil bersida,,dan saya reflex sperti keracunan yg mulai bingung dan air liur berbusa,,,dan trnyata obat trsbt dah kadaluarsa Prtanyaan saya bahayakah pda kesehatan organ tubuh saya dok???dan bgmna agar sembuh???saya tdk krumah sakit dok krn saya msh bs bkrj n sadar,,,tp msh kawatir dok Makasi jwbnya doktee

    Hai, Efek keracunan obat ada bermacam-macam, mulai dari diare, muntah, mual, sakit kepala, pusing sampai gejala-gejala yang terkait gangguan fungsi persarafan otonom, misalnya berdebar-debar, rasa ingin pingsan, mulut kering/berbusa, jari dingin dan sesak. Persarafan otonom ialah sistem persarafan yang mengatur sebagian fungsi tubuh secara tanpa sadar, seperti irama pernapasan, denyut jantung, ukuran pembuluh darah, produksi liur, gerakan saluran cerna dan sebagainya. Obat-obatan rekreasional umumnya dapat menyebabkan sejumlah gangguan fungsi otonom. Karena berpotensi memengaruhi fungsi organ vital (seperti tekanan darah, denyut jantung, irama napas), Anda sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter. Dokter akan melakukan pengukuran tanda-tanda vital seperti laju nadi, laju napas, suhu tubuh dan tekanan darah Anda. Dari situ barulah bisa ditentukan apakah Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, perawatan atau cukup pemantauan berkala saja. Tips berikut mungkin membantu:

    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma