Tanya Dokter

  • pengobatan pada keratitis profunda

  •  wmudrana
    Anggota
    Selamat sore dok ... Bisakah keratitis profunda yg disebabkan bakteri diobati dengan tetes mata antibiotik ...? apakah hanya keratitis superfisial yg dapat diobati tetes mata antibiotik ?.... ....Terima Kasih....

    Hai. Keratitis profunda merupakan salah satu pembagian dari keratitis atau radang kornea berdasarkan letak kelainan. Keratitis dibagi berdasarkan letak kelainan menjadi keratitis superfisial yang berarti menyerang bagian depan dari kornea atau permukaan kornea dan keratitis profunda dimana menyerang bagian yang lebih dalam atau bagian dari belakang kornea. Selain itu, keratitis dibagi lagi berdasarkan penyebabnya yakni bakteri, virus, jamur. Pembagian inilah yang lebih menentukan pengobatan. 

    Faktor resiko yang dapat menyebabkan keratitis seperti

    1. Trauma

    2. Pemakaian soflen yang  tidak bersih

    3. Terpapar air yang terkontaminasi seperti di kolam renang

    4. Obat-obatan seperti obat tetes yang berisi anti radang 

    Pengobatannya sendiri berdasarkan penyebab terjadinya keratitis. Jika disebabkan bakteri maka  diberikan obat tetes antibiotik, sedangkan untuk virus diberikan antivirus. Dibutuhkan konsultasi dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab sehingga dapat diberikan pengobatan yang sesuai. 

    Memastikan untuk tidak mengucek mata, jika ingin menyentuh mata cuci tangan sebelum dan sesudahnya bisa dilakukan dahulu. Pengobatan yang tidak sesuai dapat menyebabkan bertambahnya keparahan penyakit.

    Semoga bermanfaat dan terima kasih

    Salam

    dr Alyssa