Tanya Dokter

  • Solusi atasi penyakit keratosis pilaris

  •  theanachandra
    Anggota
    Siang dok, saya mau bertanya, saya mengidap keratosis pilaris/penyakit kulit ayam, saya mau tau gimana caranya mengurangi bintik-bintiknya ya? Karena saya tau bintik-bintiknya tidak akan bisa hilang hanya bisa dikurangi, jadi saya mau tau gimana cara ampuh untuk menguranginya ya? Saya pernah baca katanya pakai tetrinoid acid, jadi saya mau tau gimana baiknya supaya nanti tidak makin banyak bintik-bintiknya. Sekian dok, mohon bantuannya.

    halo theanachandra,

    keratosis pilaris adalah suatu kelainan genetik yang sebenarnya tidak berbahaya, dimana terjadi produksi keratin, suatu komponen kulit, berlebih di sekitar kelenjar rambut sehingga menimbulkan permukaan kulit yang tidak rata. Kelainan ini juga dikaitkan dengan kondisi kulit kering. Benar bahwa hingga saat ini dari penelitian yang ada, belum ditemukan terapi yang dapat menyembuhkan keratosis pilaris, namun dapat dikontrol dengan pengobatan berkelanjutan. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa kondisi ini dapat berkurang seiring pertambahan usia. Beberapa cara untuk mengontrol keratosis pilaris antara lain:

    • menjaga kelembapan kulit dengan sabun yang tidak mengandung banyak busa yang dijual di pasaran. Bila kulit anda sensitif pilih yang berlabel untuk kulit sensitif.
    • menggunakan eksfoliator/scrub untuk mengangkat sumbatan keratin 1-2 kali seminggu
    • lotion/krim mengandung asam laktat, asam salisilat, triamsinolon, dan asam retinoat, dsb.

    penggunaan obat-obatan lotion/krim di ata, termasuk retinoid acid, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit karena dosisnya perlu disesuaikan dengan kondisi kulit anda berdasarkan pemeriksaan langsung. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan penanganan terbaik untuk anda. Selain itu, beberapa hal yang sekiranya dapat membantu:

    • minum air putih minimal 6-8 gelas per hari
    • hindari mandi terlalu lama
    • konsumsi makanan bergizi terutama kaya akan vitamin C dan E yang baik untuk kulit
    • gunakan tabir surya saat berada di luar ruangan

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira