Tanya Dokter

  • Badan sering berkeringat dan cara mengatasinya

  •  Mongz
    Anggota
    Dok mau tanyaa .. Akhir2 ini badan saya kok sumuk bgt/gerah bgt sering kemringat. Pdhal sya krglbih ckup konsumsi air putih 1liter/hari. Mohon info dok mkasiih.

    Hai Mongz,

    Peningkatan produksi keringat dapat terjadi secara normal pada kondisi tertentu, misalnya saat seorang melakukan aktivitas fisik berlebih atau berada di lingkungan atau cuaca yang panas. Selain itu faktor lainnya seperti stres psikis atau konsumsi makanan/minuman yang panas, pedas atau berempah dapat pula memicu timbulnya keringat.

    Namun bila di luar kondisi di atas Anda terus-menerus berkeringat, perlu dipikirkan kemungkinan kondisi ini merupakan suatu hiperhidrosis atau berkeringat berlebihan. Berdasarkan penyebabnya hiperhidrosis dapat digolongkan menjadi 2:

    1. Hiperhidrosis primer, yaitu kondisi berkeringat berlebihan yang terjadi pada area tubuh tertentu (seperti ketiak, telapak tangan dan kaki, wajah, kepala dan sebagainya). Penyebabnya tidak diketahui, namun diduga berkaitan dengan hiperaktivitas saraf yang mengatur kelenjar keringat. Kondisi ini diturunkan secara genetik.
    2. Hiperhidrosis sekunder, yaitu berkeringat berlebihan pada seluruh tubuh dan disebabkan oleh adanya penyakit yang mendasari seperti:


    Apabila Anda terus-menerus mengalami berkeringat berlebih tanpa sebab yang jelas, maka sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter agar penyebabnya dapat ditelusuri dan diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Menjaga kebersihan kulit dan mandi 2-3 kali sehari untuk menjaga suhu tubuh tetap sejuk
    • Konsumsi cukup air putih 2-3 liter sehari untuk mencegah dehidrasi
    • Kenakan pakaian yang berbahan sejuk, tidak terlalu tebal, dan dapat menyerap keringat dengan baik
    • Hindari penggunaan pakaian yang berwarna gelap karena cenderung menyerap panas
    • Upayakan untuk berada di ruangan yang sejuk
    • Batasi konsumsi makanan atau minuman yang panas, pedas, atau berempah
    • Meminimalisir stres yang dapat memicu keringat berlebih


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Keringat berlebihan dan cara mengatasinya   

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman