Tanya Dokter

  • Sedikit mengeluarkan keringat

  • hallo dok......mw nanya,klw kringat kluarny lama trus sdkit lagi wlaupn udah berolaraga....itu knpa ya dok........trs ap slusiny dok.....mhn bntuan ny dok

    Hai, Berkeringat merupakan cara tubuh untuk melepaskan panas tubuh yang berlebihan, biasanya karena olahraga dan demam. Sementara pada orang lain dapat terjadi keringatan berlebihan, pada beberapa orang juga dapat terjadi kekurangan keringat. Kekurangan keringat ini mungkin disebabkan oleh berbagai hal, antara lain:

    • Intensitas olahraga yang kurang - dengan demikian panas tubuh yang terbentuk pun sedikit, sehingga tubuh merasa ia tidak membutuhkan keringat sebagai bentuk pelepasan panas tubuh
    • Dehidrasi / kekurangan cairan - tubuh secara otomatis akan meminimalkan pengeluaran cairan baik melalui keringat maupun air seni, guna kebutuhan cairannya sendiri
    • Kelainan saraf - semua kelenjar keringat memiliki persarafannya masing-masing; keadaan yang mengganggu saraf (misalnya kencing manis / diabetes, pecandu alkohol) dapat mengganggu pengeluaran keringat di daerah yang dipersarafinya
    • Efek samping obat
    • Riwayat terpapar radiasi (biasanya untuk pengobatan, bukan efek radiasi dari Roentgen / CT-Scan, kecuali bila betul-betul berlebihan)
    • Genetik / keturunan
    • Sindrom Sjogren - selain kurang keringat, juga disertai kurang air mata dan kurang air liur
    • Dan sebagainya
    Kekurangan keringat kadang dapat membahayakan, terutama bila lingkungan sekitar cukup panas; Anda bisa terserang heat stroke - badan lemas / pingsan karena kepanasan. Kondisi ini bisa membahayakan apabila panas tubuh tidak segera diturunkan dan cairan tubuh tidak segera diganti. Anda dapat berkonsultasi langsung ke Dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah dan pemeriksaan saraf. Setelah penyebabnya diketahui, barulah penanganan yang tepat dapat diberikan. Untuk sementara waktu, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:
    • Minum air secara cukup, setidaknya 8 gelas per hari atau setiap kali Anda haus
    • Berolahragalah secara teratur seperti senam, jogging, bersepeda; setidaknya 30 menit setiap sesi
    • Hindari lingkungan yang panas seperti terjemur matahari berlama-lama; Anda mungkin rentan terhadap serangan heat stroke
    • Kurangi konsumsi alkohol dan paparan asap rokok
    • Perbanyak asupan buah dan sayuran
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma