Tanya Dokter

  • keringat pada si kecil bahkan waktu malam

  •  Chelsea
    Anggota

    Mlm dok, anak saya umur 4bln dok,tiap hari keringatan dok, bahkan mlm2 juga suka basah bgt badannya karna keringat,,ap keringat yg berlebihan tidak mengganggu kesehatan ya dok?? Gimana cara penanganannya dok?? Mkazih

    Dear Chelsea, Terlalu banyak berkeringat atau dikenal dengan nama hyperhidrosis adalah gejala umum yang dapat terjadi pada anak-anak (termasuk bayi), remaja, dan dewasa muda. Manusia biasanya berkeringat untuk menjaga temperatur tubuh tetap konstan. Keringat yang menguap dari kulit akan menciptakan efek pendinginan untuk tubuh. Keringat yang berlebihan dapat dipicu oleh beberapa hal seperti: kecemasan, makanan pedas, minuman bersoda, olahraga, temperatur udara yang hangat, dan demam. Anda mungkin sulit mengidentifikasi pencetus spesifik pada anak Anda. Sebaiknya temui dokter Anda jika Anda berpikir bahwa keringat yang diproduksi berlebihan dibanding yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh pada temperatur konstan. Ada dua tipe hyperhidrosis:

    1. hyperhidrosis generalisata, berkeringat seluruh tubuh
    2. hyperhidrosis fokal, hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu, seperti: ketiak, telapak kaki, telapak tangan, wajah, atau area yang lain.
    Secara umum, hyperhidrosis disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Hyperhidrosis generalisata sering disebabkan oleh kondisi medis seperti:
    • infeksi
    • penyakit kronik
    • gangguan yang mengacaukan keseimbangan hormonal tubuh
    • kelainan jantung bawaan juga bisa menyebabkan hyperhydrosis
    Untuk memastikan kondisi medis yang mendasari keluhan bayi Anda, datanglah ke dokter spesialis anak untuk dicari penyebab pastinya dan dapat diterapi. Oleh dokter Anda akan dianamnesis (wawancara untuk mengetahui penyakit), pemeriksaan fisik akan dilakukan oleh dokter, dan beberapa prosedur pemeriksaan konvensional mungkin dilakukan seperti:
    1. test iodine starch: larutan iodine akan diaplikasikan ke permukaan tubuh yang berkeringat. Perubahan warna menjadi biru gelap atau unggu menunjukkan area yang kelebihan keringat
    2. test kertas: kertas ditempatkan pada area yang berkeringat dimana berat kertas tersebut menunjukkan jumlah keringat yang diserap.