Tanya Dokter

  • Mengatasi kebotakan pada rambut di usia remaja

  •  shiddique
    Anggota

    assalamualaikum wr.wb

    dok.. saya ingin menanyakan.

    saya ada permasalahan akan rambut sya,, saya mengalami kebotokan di bagian depan yg sangat parah yg mengakibatkan kening saya terlihat sangat lebar.. 

    di usia saya yg msih menginjak 25 tahun,, tpi rambut saya sudah mulai habis di bagian depan .. smua jenis obat sudah sya coba, dari harga yang puluhan ribu bahkan jutaan sudah sy coba tp ttp tidak ada prubahan.

    mnurut info yg saya dpt,, jenis kebotakan yg saya alami ini tidak dpat disembuhkan dikarenakan akar rambut sudah tdk ada dan pori2 rambut telah menutup.

    yg ingin saya tanyakan,, apakah tidak ada cara / obat apapun untk menumbuhkan permasalah rambut sya ini dok.. 

    mohon penjelasannya

    shiddique  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Shiddique,

    Apabila kerontokan rambut menyebabkan kebotakan, maka dinamakan alopecia. Botak merupakan kondisi kerontokan rambut yang sifatnya permanen. Botak dimungkinkan karena adanya penyakit autoimun serta dipengaruhi oleh genetis.

    Kebotakan bisa didiagnosis dengan wawancara dan pemeriksaan fisik, selain itu juga bisa dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan akar rambut, biopsi kulit, dan tes darah bila perlu.

    Apabila Anda mengalami kebotakan, saya sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit terlebih dahulu supaya bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung ya. Selanjutnya dokter kulit bisa memberikan penanganan yang tepat untuk Anda. Beberapa penanganan kebotakan bisa dengan minoxidil, anthralin, dan kortikosteroid. Penanganan tersebut bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sebagian pasien dengan kebotakan bisa tumbuh rambut kembali, namun sebagian lainnya tidak bisa lagi. Hal ini bergantung pada respon masing-masing pasien.

    Untuk menyiasati kebotakan, Anda bisa menggunakan rambut palsu (wig / hair clip), memakai topi, atau dengan pewarnaan. Selain itu ada 1 cara lain yang memberikan hasil baik tetapi lebih jarang digunakan karena biayanya termasuk mahal, yaitu transplantasi rambut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter bedah jika ingin melakukan transplantasi rambut ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Botak
    Transplantasi rambut

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y