Tanya Dokter

  • Penyebab sulit meningkatkan berat badan

  •  Kholisoh
    Anggota
    Assalamualaikum Dok saya mau tanya dong saya kan umurnya udah 18 tapi berat badan saya baru 35Kg normal ga ?? Terus gmna ya caranya biar berat badannya nambah tapi saya kalo makan suka mual baru liat nasi ajj udah enek apalagi dipaksain suka mau muntah itu gmna cara mengatasinya ya dok ??

    Halo Kholisoh,terimakasih anda telah berkonsultasi di alodokter. Jadi,ketika kendala mengenai susah menaikkan berat badan atau berat badan yang cepat sekali turun dapat dipengaruhi beberapa hal misalnya genetik,metabolisme tubuh anda berlebih (kalori keluar lebih banyak daripada kalori yang masuk), stress,aktivitas anda yang berlebihan,didasari oleh beragam penyakit misalnya (diabetes,HIV,TBC,dll), efek samping dari obat-obatan. Perhitungan berat badan normal manusia dihitung berdasarkan Indeks massa tubuh (berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan),range IMT normal adalah 18,5-24,9. Anda dapat menghitung IMT anda kemudian jika IMT anda di bawah 18,5 makan anda dikategorikan memiliki berat badan yang kurang. Berikut adalah penanganan sementara yang dapat anda lakukan:
    1. Mengkonsumsi makanan bergizi (buah,daging tanpa kulit/lemak,hindari gorengan)
    2. Makan porsi kecil tapi sering
    3. Minum susu dan multivitamin
    4. Minum saat makan
    5. Olahraga untuk membantu maintain berat badan normal
    6. Istirahat cukup,manajemen stress
    7. Berkonsultasi ke dokter gizi jika cara di atas tidak dapat membantu anda,serta mencari penyebab anda mual saat melihat makanan (efek obat-obatan,maag,makanan yang kurang disukai)
    semoga jawaban ini dapat membantu anda,salam dr. Celleen