Tanya Dokter

  • Dampak buruk oral seks

  •  Dina12
    Anggota
    Dokter saya ingin bertanya,saya kan cewe umur udh 17th dah punya pacar,saya sering melakukan hubungan intim bersama pacar saya,dan saya suka mengulum dan menjilat penis pacar saya sampai cairan spermanya keluar dan saya telan,apakah efeknya bagi kesehatan?

    Halo Dina12,

    melakukan seks oral, yaitu hubungan seks yang melibatkan mulut dan alat genital, meskipun dapat menambah gairah dan rangsangan saat berhubungan, namun juga memiliki sisi negatif yaitu penularan penyakit menular seksual (PMS) terutama bila pasangan anda tidak menggunakan kondom dan memiliki faktor resiko untuk mengidap PMS (misalnya riwayat berganti-ganti pasangan atau pernah berhubungan dengan pasangan yang berganti-ganti pasangan seksual/riwayat aktivitas seksualnya tidak diketahui), meskipun memang resikonya lebih kecil dibandingkan hubungan seksual seperti biasa. Efek menelan sperma sebenarnya tidak ada karena sperma akan mati pada kondisi asam lambung, kecuali saat anda melakukan seks oral terdapat luka di dalam mulut sehingga terpapar infeksi dari cairan sperma. Beberapa infeksi menular seksual contohnya herpes, sifilis, gonore, HIV, hepatitis, dsb. 

    Disarankan apabila anda ingin melakukan seks oral, minta pasangan anda untuk menggunakan kondom dan ejakulasi di luar mulut, gunakan dental dam (suatu alat pengaman untuk seks oral) yang dijual di apotek, pastikan tidak ada luka/sariawan di dalam mulut, dan setia pada satu pasangan. Apabila pasangan memiliki keluhan di daerah genital, periksakan terlebih dahulu ke dokter.

    Anda dapat membaca artikel terkait: menelan spermaseks oral yang aman

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    salam, dr. Delvira