Tanya Dokter

  • Penyebab dada terasa nyeri tiba-tiba

  •  gerry
    Anggota
    Gini dok saya punya keluhan dada saya sakit tiba2 pdhl saya baru umur 20th terus saya cek pakai tensi darah ternyata darah sayang 135 per 75 lalu jantung saya 90 dok..apa jantung saya kurang sehat dok? Kalo itu benar bagaimana cara menyembuhkan nya dok? Terima kasih

    halo Gerry,
    pada keluhan anda,sakit pada dada bukan berarti dapat langsung disimpulkan anda mengalami penyakit jantung,apalagi jika anda masih usia muda dan tidak memiliki riwayat penyakit pencetus. Mengenai tekanan darah anda dan nadi dapat dikategorikan normal,karena tekanan darah dan nadi dapat dipengaruhi beberapa hal seperti aktifitas anda sebelum melakukan pemeriksaan,rasa cemas yang berlebihan ataupun hal-hal pencetus lainnya. Tetapi anda tetap perlu waspada dengan nyeri dada,sehingga jika anda ingin mendapatkan pemeriksaan yang tepat serta penanganannya,anda dapat langsung ke dokter. Nyeri dada adalah rasa sakit atau tertekan pada dada seperti nyeri yang ditusuk-tusuk serta menjalar ke area lain seperti bahu hinggan tulang rusuk. Berikut adalah penyebab nyeri dada:
    1. Paska trauma atau benturan keras
    2. Asam lambung yang meningkat (dapat dipengaruhi stress,serta pola makan)
    3. Penyakit jantung
    4. Gangguan menelan
    5. Penyakit paru
    Penyebab yang paling sering pada usia muda biasanya karena benturan didada,atau penyakit asam lambung,yang ditandai dengan mual,kembung,nyeri di uluhati,serta dada terasa panas,serta terkadang susan menelan.
    Penanganan sementara yang dapat anda lakukan:
    1. Minum air cukup
    2. Tidak mengkonsumsi alkohol dan kafein
    3. Tidak makan makanan pedas dan berminyak
    4. Manajemen stress
    5. Berkonsultasi ke dokter umum jika keluhan anda tak kunjung hilang,terus menerus,disertai mual,muntah,dan sesak napas
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen