Tanya Dokter

  • Mengatasi masalah gangguan kepribadian

  •  White
    Anggota
    Jadi begini dok, dulu saat aaya SD saya memiliki banyaj teman tapi makin dewasa saya makin sulit untuk berinteraksi sosial saya punya kecemasan seperti "apa mereka akan mau berteman dgn saya?" "Apaka saya akan di tanggap?i" terkadang saya juga merasa semua orang tidak mendengarkan saya bahkan terkadang saya merasa org lain seperti menertawakan saya, kadang saya berusaha terlihat biasa saja tapi pikiran ttg hal itu berkelut di dalam otak saya. Dan skrng kadang saya selalu merasa lelah, berfikir ingin selalu menghilang dan lari dari kehidupan saya sekarang. Keadaan keluarga sdng cukup berantakan, sebelumnya ayah dan ibu saya selalu bertengkar karena keduanya melakukan perselingkuhan dan saya ada di tengah tengah, skrng ayah saya sakit2an dan berulangkali masuk rumah sakit. Semua seakan di bebankan kepada saya, saya terkadang menangis tanpa sebab saat sedang sendiri dan sayapun mudah menangis karena hal kecil yang menurut org lain itu bkn hal yg perlu ditangisi. Saya juga jadi mudah kesal terhadap org lain dan kesulitan mengontrol emosi saya terkadang dlm beberapa hari saya seperti seorang visioner yg merancang berbagai hal dan tiba tiba saja saya jadi seorang yg berfikir "apa sih tujuan saya hidup". Saya menjadi takut untuk menjalin huhubgan yg lebih intim dgn seseorang baik itu lawan jenis maupun teman, saya takut di khianati dan jadi sulit percaya dgn org lain belakangan ini. Apakah saya harus konsultasi ke psikolog? Karena makin hari mood saya yg mudah berubah ini kadang mengganggu aktivitas saya yg menjadi tidak produktif saya lebih memilih untuj tidur atau menonton film yg isinya pembunuhan.

    Halo,

    Gangguan kepribadian adalah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya memiliki pola pikir dan perilaku yang tidak sehat dan berbeda dari rata-rata orang biasanya. Kondisi ini juga membuat penderitanya sulit merasakan, memahami, atau berinteraksi dengan orang lain sehingga hal ini dapat menyebabkan masalah dalam hubungan sosial dengan orang lain. Kondisi ini biasanya dimulai saat remaja dan saat memasuki usia dewasa.

    Terdapat beberapa hal yang dapat memicu atau meningkatkan kemungkinan untuk terjadi gangguan kepribadian, antara lain:

    • memiliki gangguan pada struktur atau komposisi kimia di dalam otak
    • memiliki riwayat keluarga dengan gangguan kepribadian atau penyakit mental lainnya 
    • memiliki masa kecil dengan kondisi keluarga yang kacau
    • perasaan diabaikan sejak kanak-kanak
    • mengalami pelecehan sejak kanak-kanak, baik dalam bentuk verbal maupun fisik
    • memiliki tingkat pendidikan yang rendah
    • hidup dalam keluarga dengan kesulitan ekonomi
    • dan lain-lain

    Untuk memastikan apakah Anda memiliki gangguan kepribadian dan gangguan kepribadian jenis yang mana, perlu dilakukan konsultasi secara langsung dengan dokter, karena dokter perlu melakukan pemeriksaan kesehatan mental dengan bertanya langsung kepada penderita atau melalui kuesioner. Oleh karena itu baiknya Anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke psikiater agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra