Tanya Dokter

  • Kesehatan pada bayi

  •  Mas Sutambah
    Anggota

    Selamat Pagi Dokter!!

    Dok, saya mau bertanya.

    sekarang usia kehamilan istri saya sudah 2 bulan, kemudian istri saya sering sakit bagian pinggang dan punggung. Apakah ada masalah dengan kondisi Bayi dan apa tanda tanda keguguran itu Dok ?

    Mohon penjelasannya Dok, trimakasih

    Mas Sutambah  Mas Sutambah
    Anggota

    Dokter,,,, Menyambung cerita diatas bahwa istri saya juga mengalami keputihan, apa ada masalah dengan kandungannya ? terima kasih.

    Halo,   Sakit pinggang atau punggung pada masa kehamilan muda terkadang suka dikeluhkan, namun penyebab sakit pinggang tersebut belum tentu disebabkan karena kehamilan Anda. Sakit pinggang bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan pada otot punggung = postur tubuh yang buruk, cedera otot aktifitas kurang dll.
    2. Gangguan pada ginjal = batu, infeksi, kista ginjal dll.
    3. Gangguan pada tulang belakang
    4. Defisiensi kalsium
    5. dll
    Untuk mengurangi rasa nyeri punggung, Anda bisa menyarankan istri Anda untuk rajin beraktifitas sesuai kemampuan, hindari mengangkat barang berat, dan minum cukup air putih serta istirahat secukupnya. Jika nyeri  tidak berkurang > 3 hari maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter terdekat. Gejala atau tanda keguguran antara lain adalah :
    1. rasa mulas seperti haid.
    2. timbul flek atau spotting .
    3. Rasa kencang terus menerus pada bagian perut bawah.
    Jika terdapat keluhan diatas maka segera periksakan istri Anda ke dokter kandungan. Keputihan bisa disebabkan karena adanya perubahan hormonal saat kehamilan, namun jika keputihan istri Anda berbau, berubah warna (hijau/ kuning) dan menimbulkan keluhan lain seperti gatal, panas pada vagina dll maka ini menandakan adanya infeksi pada organ intim Anda yang bisa membuat kehamilan tergganggu atau menyebabkan kelahiran prematur. Baca artikel Cara mengatasi keputihan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi