Tanya Dokter

  • Penyebab sebagian rambut tipis dan sebagian tebal

  • Dok, kenapa ya rambut saya itu selalu tebal keatas, tapi yang samping'' itu tipis. Padahal setiap saya potong rambut selalu pas potongannya samping sama atasnya. Itu penyebabnya apa ya dok?

    Trimakasih,

    Halo Fachrizal Ramdani, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Setiap helai rambut di kepala manusia memiliki akar rambut serta tempat tumbuh rambut sendiri-sendiri yang disebut dengan folikel rambut. Setiap folikel rambut ini memiliki kecepatan tumbuh rambut yang berbeda-beda, bahkan dapat menghasilkan jenis rambut dan warna rambut yang berbeda-beda. Bila anda memperhatikan lebih detail setiap helai rambut di kepala anda, anda akan dapat melihat bahwa beberapa rambut bisa memiliki warna yang sedikit berbeda serta tekstur rambut yang berbeda. Bahkan pada orang berambut lurus, dapat ditemukan beberapa rambut yang keriting di kepalanya.

    Rambut yang tumbuh lebih cepat pada bagian kepala tertentu bisa jadi merupakan normal varian, karena folikel rambut di kepala bagian atas anda bisa jadi memiliki kecepatan pertumbuhan rambut yang lebih tinggi di banding sisi-sisi kepala. Namun ada juga beberapa faktor yang dapat mempengaruhi rambut di sisi kepala yang lebih tipis dibanding di atas kepala:

    1. Kebiasaan tidur miring, yang menyebabkan sisi kepala sering bergesekan dengan bantal dan lebih sering mengalami kerontokan rambut sehingga tampak lebih tipis dan tumbuh lebih lambat
    2. Terdapat penyakit pada bagian sisi kepala misalnya infeksi jamur pada kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rusak dan rontok pada sisi kepala dan pertumbuhan yang lebih lambat

     

    Anda dapat mencoba untuk mengubah posisi tidur anda (misalnya tidur telentang), serta menjaga kebersihan rambut dan menjaga agar rambut tidak kotor dengan rajin keramas dan menggunakan perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut anda. Bila memang terdapat penyakit tertentu pada kulit kepala seperti infeksi jamur, anda dapat berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut dan terapi yang sesuai.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia