Tanya Dokter

  • Penyebab kesemutan pada bokong dan nyeri perut kiri

  •  Yaniari
    Anggota

    Selamat siang dokter,

    Saya merasakan kesemutan & ada rasa gremet (geli) di bokong (pantat) sampai paha, itu kenapa ya dok? dan perut sebelah kiri saya juga terasa nyeri sampai vagina.

    Terima kasih

    Hai Yaniari,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Geli dan kesemutan (paresthesia) yang terasa mulai dari bokong hingga ke paha dapat disebabkan oleh penekanan berlebih dalam waktu yang cukup lama, misalnya saat duduk bersila, tidur miring ke salah satu sisi tubuh, penggunaan celana yang terlalu ketat, atau memakai alas kaki yang terlalu sempit. Selain itu, paresthesia bisa juga muncul karena gangguan medis tertentu, di antaranya yakni:

    • Defisiensi vitamin B12
    • Syaraf tulang belakang yang terjepit
    • Neuropati perifer, misalnya karena diabetes
    • Stroke, TIA (transient ischemic attack)
    • Multiple sklerosis
    • Efek samping obat, misalnya antibiotik, anti kejang, kemoterapi
    • Intoksikasi alkohol
    • Gangguan psikologis, misalnya cemas, takut, panik, dan sebagainya

    Sedangkan, nyeri di perut sebelah kiri yang terasa hingga vagina bisa terjadi karena:

    • Cidera panggul
    • Fibromialgia (nyeri otot dan jaringan penyokongnya)
    • Infeksi saluran kemih
    • Batu saluran kemih
    • Syaraf terjepit
    • Konstipasi (sembelit)
    • Pre menstrual syndrome
    • Kista ovarium (kantung berisi cairan yang terbentuk di indung telur)
    • Endometriosis (pertumbuhan abnormal sel rahim di luar rahim)
    • Gangguan psikosomatis, dan sebagainya

    Untuk memastikan penyebab dari keluhan-keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Apabila diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium, rontgen, atau CT scan untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat.

    Sementara itu:

    • Kompres bokong, paha, perut, dan vagina yang merasa nyeri dan kesemutan dengan air hangat
    • Jika perlu, konsumsi obat paracetamol dan suplemen yang mengandung vitamin B kompleks untuk meredakan nyeri dan kesemutan
    • Olahraga teratur 3-4x seminggu, misalnya senam lantai, jogging, senam aerobik
    • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat
    • Hindari stres atau kecemasan yang berlebihan
    • Konsumsi makanan bergizi seimbang, kaya vitamin B12
    • Batasi makanan yang terlalu pedas, berlemak, kafein
    • Perbanyak minum

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah