Tanya Dokter

  • Kesemutan pada tangan hingga lengan atas

  • pagi dok, mau tanya tangan saya kanan dan kiri sering kesemutan hingga mati rasa sampai menjalar ke lengan atas, bagaimana mengatasinya? saya perempuan berusia 41 tahun, kondisi terakhir cek kolesterol 188, asam urat 4,7 dan gula darah acak 165. terimakasih penjelasannya.

    Halo Liza, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Secara umum, kesemutan bisa dibedakan menjadi :

    • Kesemutan yang bersifat sementara - biasa dikarenakan penekanan saraf, misalnya saat tertidur atau dalam posisi tertentu dalam jangka waktu lama.
      Umumnya tidak memerlukan penanganan khusus, perubahan posisi atau gerakan pada anggota tubuh yang kesemutan akan menghilangkan keluhan ini
    • Kesemutan yang berlangsung kronik/ jangka panjang - sering kali disertai rasa nyeri, panas (seperti terbakar), gatal, kebas, hingga pengecilan otot, menandakan terjadinya kerusakan saraf (neuropati perifer).
      Beberapa kondisi medis bisa mencetuskan hal ini, misalnya diabetes dan hipertensi yang tidak terkontrol. Selain itu, kekurangan vitamin B atau kelebihan vitamin D juga bisa menjadi pencetusnya.

    Bila kondisi yang Anda alami ini terasa sangat menganggu, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan pemeriksaan neurologi pada anggota gerak yang bermasalah, serta melakukan pemeriksaan penunjang guna memastikan diagnosis dan penyebabnya, misalnya tes darah (sebaiknya saat puasa dengan sampel darah vena) hingga EMG. Setelah penyebab yang mendasari diketahui, barulah ditentukan langkah penanganan yang tepat bagi keluhan Anda

    Sambil menunggu pemeriksaan dan penanganan dokter, berikut anjuran bagi Anda:

    • olahraga secara rutin untuk membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh tetap lancar
    • konsumsi makanan kaya nutrisi secara seimbang
    • setelah melakukan gerakan secara berulang, lakukan istirahat berkala
    • hindari berada pada satu posisi secara terus menerus

    Demikian, semoga bermanfaat ya

    dr. Lili