Tanya Dokter

  • bahaya penyakit tifus disertai batuk

  •  Maman
    Anggota

    pagi dok ... knp penyakit tipes sya di sertai batuk ya .. bahaya gx tuh dok .. trimakasih

    Hallo Maman Kondisi penyakit demam tifus umumnya tidak berkaitan dengan batuk, sehingga keluhan batuk yang dialami oleh Anda dicurgai karena adanya dua gangguan kesehatan secara bersamaan. Demam tifus sendiri disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, bakteri ini masuk melalui tertelannya makanan yang telah terkontaminasi bakteri tersebut, maka itu sumber infeksinya berasal dari saluran pencernaan seperti usus. berbeda dengan batuk yaitu kondisi adanya gangguan di saluran pernafasan. Adanya dua kondisi gangguan kesehatan secara bersamaan dapat memperburuk keduanya, karena tubuh memebutuhkan perlawanan ekstra dalam mengahadapi dua gangguan kesehatan tersebut, sedangkan untuk dapat menentukan bahaya atau tidaknya tergantung kondisi fisik Anda dan kemampuan daya tahan tubuh Anda. Maka itu Maman disarankan untuk kontrol ke dokter untuk mengamati perkembangan sakit penyakit yang saat ini dialami, apakah memerlukan pengobatan tambahan yang disesuai dengan kondisi kesehatan diri Anda. Adapun beberapa saran lainnya untuk dilakuakan adalah

    • Istirahat dan tidur yang cukup
    • Sebaiknya konsumsi makanan yang lunak, dan hindari jenis makanan yang agak sulit dicerna seperti sayuran dan daging untuk sementara waktu.
    • Perbanyak minum air putih
    • Konsumsi obat hanya atas pertimbangan dokter dan turutin petunjuk penggunaannya, hindari penggunaan obat bebas karena dapat saja tidak bermanfaat atau malah memperburuk kondisi yang dialami.
    Semoga bermanfaat dr. Arnold