Tanya Dokter

  • Ketergantungan obat kortikosteroid

  •  Naolive Lee
    Anggota
    sejak usia 20 Th Sy di diagnosa mengidap lupus tp ringan,obat yg sy minum slh 1 nya sampe skrg methil prednison 8 mg & renadinac sehari sekali.skrg sy sdh sembuh tp sy tdk bisa lepas dr obat ini krn klu tdk minum obat persendian sy sakit semua & badan lemas ,jantung seperti kelelahan.sy sdh ke dokter internis tp malah di tambah obat celcept,methil ttp di minum.sy hrs bgmn dok ingin lepas obat secara sdh mulai bermunculan gejala2 yg sy rasa itu efek dr Obat yg sy konsumsi.mohon saran nya dok,terimakasih

    Hallo Naolive

    Kondisi medis lupus terjadi akibat suatu proses auto immun yaitu dimana tubuh salah mengira sehingga akhirnya menyerang jaringan tubuh sendiri karena dianggap benda asing atau sesuatu yang berbahaya.

    Kondisi ini memerlukan pemantau medis secara berkalan untuk mengatasi keluhan yang Anda, bahkan jika gejalanya sudah cukup berat pengobatan rutin secara terus menerus diperlukan

    Pemberian metihil prednison sendiri bekerja dengan cara menekan immun (daya tahan tubuh) tubuh secara umum, dengan begitu diharapkan immun yang salah mengira sehingga menyerang jaringan tubuh tersebut menjadi tidak lagi menyerang diri sendiri. Dengan begitu gejala-gejala dari lupus ini bisa dikurangi/dihilangkan.

    Namun penekanan immun ini hanya berlangsung selama obat-obatan tersebut dikonsumsi, apabila dihentikan maka immun tubuh akan kembali menyerang diri, sehingga gejala-gejala tersebut akhirnya muncul kembali.

    Konsultasikan diri Anda kembali ke dokter ahli penyakit dalam, jika bisa ke dokter ahli penyakit dalam subspesialis alergi dan imunologi (dr. Sp.PD KAI). Namun keputusan boleh tidaknya berhenti konsumsi obat-obatan nanti bergantung pada hasil pengkajian dokter ahli penyakit dalam tersebut.

    Saran untuk Naolive adalah jangan menghentikan pengobatan atas kemauan sendiri, ikuti lah anjuran pemakaian obat seperti yang diberikan dokter, supaya tidak timbul keluhan-keluhan baru atau bahkan terjadinya komplikasi akibat putus pengobatan tersebut.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold