Tanya Dokter

  • penanganan dan pencegahan kejang

  •  Geo Alexander
    Anggota
    dok, saya ingin bertanya ketika epilepsi dan di sekitar tidak ada orang apa yang dapat kita lakukan ya ketika kambuh. saya penderita epilepsi sudah sekitar 1 tahun dan sudah kambuh 4 kali, kira-kira apa yang dapat dilakukan ya dok supaya dapat melewati epilepsi dengan selamat saat sendiri? terima kasih

    Halo,

    Penyakit epilepsi merupakan suatu kondisi di mana seseorang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai penyebab pada sebagian kecil kasus epilepsi walau penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui.

    Seringkali gejala yang muncul pada saat terjadi kekambuhan adalah kejang, namun tidak semua orang mengalami kejang secara keseluruhan, ada juga yang kekambuhannya hanya seperti orang melamun. Kejang yang muncul sendiri dapat berbeda-beda pencetusnya, dan hal ini perlu diperhatikan oleh masing-masing penderita epilepsi.

    Untuk penanganan dan pencegahan kejang itu sendiri, perlu ditangani dengan nmengkonsumsi obat anti epilepsi secara rutin. Apabila telah mengkonsumsi obat namun kejang masih sering kambuh, lakukan pemeriksaan dengan dokter Anda agar dapat dievaluasi mengenai dosis obat yang Anda konsumsi.

    Adapun saran yang dapat kami berikan adalah dengan menghindari kegiatan yang berlebihan atau berat, menghindari stres berlebihan, menghindari terjatuh saat kejang, tetap lakukan kontrol rutin, serta rutin mengkonsumsi obat anti epilepsi sesuai anjuran dokter.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra