Tanya Dokter

  • Solusi agar ketombe di kepala berkurang

  •  anonymus
    Anggota

    Dok, akhir akhir ini ketombe di kepala saya banyak. Padahal saya sering keramas menggunakan shampoo anti ketombe. Solusinya apa ya dok agar ketombe di kepala saya berkurang?

    Dear anonymus, Ketombe merupakan masalah yang umum dialami pria dan wanita berbagai usia. Ketombe lebih aktif muncul pada masa pubertas dimana pertumbuhan dan pergantian sel-sel kulit kepala berlangsung dengan cepat. Ketidakseimbangan inilah yang menyebabkan ketombe muncul. Adanya ketombe mudah sekali dikenali dengan adanya serpihan putih yang mengkilap di bahu atau di rambut Anda. Sekali lagi perlu diingat bahwa ketombe adalah masalah kulit kepala bukan masalah rambut sehingga penanganannya haruslah difokuskan ke kulit kepala. Pengobatan ketombe dapat dilakukan dengan pemberian shampo antiketombe yang banyak dijual di pasaran. Metode kerja masing-masing shampo antiketombe berlainan. Baca aturan pakainya dan mungkin diperlukan uji coba beberapa shampo antiketombe yang cocok dengan kondisi kulit kepala Anda. Berikut beberapa kandungan dalam shampo antiketombe yang banyak beredar:

    • zinc phyrithione, berfungsi mematikan jamur yang ada di kulit kepala
    • selenium yang memperlambat produksi sel kulit mati
    • asam salisilat yang mengelupaskan sel-sel kulit kepala yang telah mati
    • ketokonazole, antijamur yang sering diresepkan oleh dokter jika zat-zat di atas tidak mampu mengatasi keluhan
    Lebih baik konsultasikan dengan dokter kulit Anda karena kondisi kulit kepala Anda memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Dokter akan meresepkan obat yang sesuai untuk kondisi kulit kepala Anda. Anda dapat membaca laman lengkap tentang ketombe. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya