Tanya Dokter

  • Penanganan untuk air ketuban banyak saat hamil 30 minggu

  • dok,saya baru USG,perkiran berat janin ,1650 gr. trus kata dokternya air ketuban nya banyak.bisa gak air ketubannya normal lg...? dan apa yg harus saya lakukan ....? oi apa bener air ketuban banyak efek dari sering tidur siang yg lama....mohon maaf dan trimakasih sebelumnya.

    Selamat Pagi Ibu,

    Penumpukan air ketuban yang berlebihan saat hamil dikenal dengan istilah polihidramnion. Umumnya kondisi ini diketahui saat pemeriksaan rutin dengan Dokter Spesialis Kandunga. Untuk memastikan diagnosis, terkadang Dokter akan menyarankan pemeriksaan darah, dan untuk menanganinya Dokter akan menentukan langkah pengobatan berdasarkan tingkat keparahan. Kondisi yang ringan umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus, nanti akan hilang dengan sendirinya. Bagaimana dengan rekomendasi dari Dokter Kandungan yang merawat Ibu?

    Istirahat merupakan upaya yang perlu dilakukan pada ibu hamil dengan polihdramnion, selain istirahat, ibu juga diharapkan dapat kontrol lebih rutin ke Dokter Kandungan untuk memantau kondisi janin serta jumlah air ketuban. Pada kasus polihidramnion yang lebih berat, terkadang Dokter akan memberikan prostaglandin synthetase inhibitors (khususnya indometacin) untuk mengurangi produksi urine janin dan aliran darah pada ginjal janin. Tidak ada kaitannya antara tidur siang yang lama dengan banyaknya air ketuban.

    Untuk menambah wawasan, Ibu dapat membaca artikel berikut:

    Hal yang perlu diketahui saat ibu hamil memiliki air ketuban yang berlebihan

    Sekian semoga persalinannya lancar,

    dr. Annes