Tanya Dokter

  • Pendarahan dari vagina

  •  alvinalutfi
    Anggota
    Saya kemarin sudah bertanya tenatng darah yang keluar dari vagina setelah bersepeda meski tidak pernah kecelakaan atau terjatuh. Saya mau tanya dok, darah yang keluar itu tidak sekali saja sehabis bersepeda, tetapi hari hari berikutnya juga keluar agak banyak. Kemungkinan itu darah dari mana yah dok? Jika selaput dara apa bisa sebanyak itu?
    alvinalutfi  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo alvinalutfi,

    Menyambung dari topik sebelumnya yang sudah ditanyakan, perdarahan dari vagina dapat terjadi akibat iritasi pada organ kewanitaan akibat bersepeda. Selain iritasi ada beberapa kemungkinan lain yang dapat menimbulkan perdarahan dari vagina diluar masa menstruasi seperti:

    Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk memastikan penyebabnya terlebih jika terdapat riwayat trauma pada organ intim sebelumnya. Jika keluar perdarahan tidak hanya flek saja tetapi seperti menstruasi maka sebaiknya segera untuk diperiksakan. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti tes urine atau USG untuk mencari tahu penyebabnya.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.