Tanya Dokter

  • Pembengkakan kelenjar getah bening dan sakit perut sebelah kiri

  •  Lisa Ajja
    Anggota

    Dok, saya ibu 2 anak usia 34 tahun. Kelenjar getah bening sebelah kanan leher saya pernah bengkak, dengan keluhan sering sakit tulang persendian dan telapak kaki sakit. Katanya kelenjar tb dan minum obat selama 6 bulan. 2 Bulan ini seperti tumbuh lagi benjolan di tempat yang sama. Perut sebelah kiri bawah juga sering terasa panas, sedikit pegel tidak terlalu nyeri tapi cukup mengganggu. Bukan gejala kanker kan dok? Riwayat ibu saya(alm), pernah kanker serviks terakhir tumor paru. Terima kasih.

    Hai Lisa Salah satu penyebab dari pembesaran kelenjar getah bening leher adalah infeksi tuberkulosis seperti yang Anda alami, sehingga dianjurkan untuk pengobatan intensif selama 6 bulan. Penyebab lain dari pembesaran kelenjar getah bening, antara lain:

    • Infeksi (bakteri lain, jamur, parasit, virus)
    • Autoimun
    • Kanker
    • Obat-obatan
    • Penyebab yang tidak diketahui (idiopatik).
    Untuk mengetahui penyebab pasti dari pembesaran kelenjar getah bening yang tidak hilang dalam jangka waktu lama, bahkan bertambah besar diperlukan pemeriksaan biopsi. Biopsi adalah pemeriksaan secara operasi mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar dan melihatnya dibawah mikroskop. Untuk kanker paru diperlukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen dada dan CT scan bila diperlukan. Jika Anda sudah berumur lebih dari 30 tahun dan memiliki faktor risiko keturunaan kanker serviks, sebaiknya Anda melakukan skrining kanker serviks dengan cara pemeriksaan Pap smear pada puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendeteksi secara dini jika didapatkan adanya kanker serviks. Mengenai pembesaran kelenjar getah bening, kanker paru dan kanker serviks dapat Anda baca secara lengkap pada artikel berikut: Pembesaran kelenjar getah bening. Kanker paru Kanker serviks Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william