Tanya Dokter

  • kilatan pada mata

  •  Ika H. Maurer
    Anggota

    Ass.. Mf dokter saya mau tanya tentang kondisi mata saya, begini dok kenapa ya mata saya jika di tempat gelap atau remang sering melihat kilatan dan lingkaran putih menyala, apa itu gejala ablasio, dan saya juga sering melihat floater, tapi penglihatan saya masih normal, tidak kabur dan tidak merasa ada yang aneh kecuali kilatan cahaya tadi. tolong penjelasannya, saya takut dok terjadi sesuatu dengan mata saya.

    Dear Ika, Flashes adalah ilusi cahaya atau kilat pada mata sedangkan floaters adalah bintik seperti lalat yang ada dalam lapang pandang penglihatan Anda. Flashes dan floaters tidak perlu dikuatirkan karena biasanya akibat proses penuaan. Hanya bermasalah jika degenerasi vitreous (cairan dalam mata) tertarik menjauhi retina dan merobeknya. Hal ini menyebabkan perdarahan kecil dalam mata yang jika dibiarkan dapat menyebabkan terlepasnya retina. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata agar dapat ditangani secara tepat jika muncul banyak flashes atau floaters baru untuk diperiksa apakah ada tanda-tanda kegawatan retina. Tidak ada obat atau cara penyembuhan untuk flashes dan floaters. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • jaga kesehatan mata Anda
    • seringlah periksakan diri ke dokter mata
    • gerakkan mata ke atas dan ke bawah untuk menghilangkan floaters dari pandangan Anda
    Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya

    Ika H. Maurer  Ika H. Maurer
    Anggota

    flashesnya kadang hilang dok, tapi lebih sering muncul.. saya melihat seperti kilat di tepi bawah penglihatan saya, saya bingung.. luas lapang pandang saya juga masih seperti biasa normal, tidak ada penyempitan, saya sedikit phobia harus periksa ke dokter dok, apa ada makanan atau obat herbal khusus yang bisa mengobati gejala di retina saya,,?

    Halo mas ika, Saya turun prihatin dengan apa yang menimpa mas ika ini. Saya hanya bisa menyarankan pa ika untuk mencoba alternatif lain selain pengobatan ke dokter dengan terapi produk herbal pak berupa suplemen mata. Mudah-mudahan dengan sebab ini, masalah flashes atau ilusi cahaya atau kilatan yang menjadi masalah mas ika bisa sembuh, solusinya disini mas, cara mengobati mata floaters<span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;"><span style="line-height: 23px;">. Mudah-mudahan membantu mas ika.</span></span> Tapi ya segala kesembuhan datang dari tuhan YME. Kita sekadar berusaha dengan skuat tenaga. terimakasih banyak...