Tanya Dokter

  • sakit tak tertahankan pada bekas operasi cesar dan saat pipis

  •  alia
    Anggota

    salam kenal dokter, saya wanita berusia 22 tahun sudah menikah dan sudah memiliki seorang putra berumur 3 tahun, saya melahirkan dengan cara operasi cesar. akhir2 ini saya sering merasa sakit dibagian perut bawah disekitar kunat bekas operasi cesar saya tapi agak dibagian kanan perut bawah, terutama 2 hari terakhir ini rasa sakitnya tak tertahankan dan saat pipis,pipisnya keruh dan warnanya seperti bercampur darah,sakitnya berupa nyeri seperti luka. apakah sakit ini berhubungan dengan bekas cesar saya, atau ada penyakit lain? mungkinkah sakit ini dikarenakan saya sering mengangkat barang atau bawaan yg berat atau karna sering menggendong putra saya yg sekarang beratnya sudah 26 KG? apa ya obat yg bisa membantu saya meredakan nyeri perut ini? sekian pertanyaan saya, mohon bantuannya ya dokter,dan terima kasih atas perhatiannya.

    Hai, Penyebab nyeri pada perut diantaranya adalah:

    • radang usus buntu
    • infeksi saluran kemih, dapat menimbulkan gejala nyeri perut bawah, nyeri saat buang air kecil, dan urin keruh atau bercampur darah (http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih)
    • konstipasi (http://www.alodokter.com/konstipasi/)
    • sindrom iritasi usus
    • gejala sebelum menstruasi (pada wanita)
    Usahakan untuk minum air mineral sekitar 2 liter per hari, tidak menahan rasa saat ingin buang air kecil, dan konsumsi makanan tinggi serat. Sebaiknya juga tidak membawa beban terlalu berat dahulu. Obat pereda nyeri seperti parasetamol dapat diberikan sementara untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul. Jika keluhan masih berlanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik yang dilakukan dan tes medis seperti tes darah, tes urin, atau USG dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga dapat segera diberikan penanganan yang tepat. Halaman berikut membahas lebih detail tentang sakit perut: http://www.alodokter.com/sakit-perut/   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto