Tanya Dokter

  • Penanganan kista ovarium dan efek penyakit terhadap kesuburan

  • Selamat siang dok,,sya brumur 2q tahun,saya ingin bertanya,,pda bln april lalu,saya di diagnosis memiliki kista ovarium yg berukuran 3,5 c,saya mau tnya,ap obat kista,dan apakan jika seseorg mempunyai penyakit itu,tidak bisa memiliki keturunan,,?

    Hai Lhya Nurhayati Tawaris, Terimakasih telah bertanya ke Alodokter. Kista ovarium adalah sebuah kantung berisi cairan yang berkembang di indung telur (ovarium) wanita. Ovarium adalah organ penghasil sel telur dan hormon (estrogen, progesteron). Kerja ovarium diregulasi oleh hormon-hormon yang berasal dari otak, misalnya Luteinizing hormone (LH), Follicle stimulating hormone (FSH), dan Gonadotropin releasing hormone (GnRH). Gangguan pada hormon-hormon tersebut akan mengganggu fungsi ovarium sehingga menyebabkan penimbunan folikel dari sel telur yang tidak sempurna. Folikel tersebut gagal mengalami pematangan dan pecah, namun justru terisi cairan membentuk kista. Kista yang patut diwaspadai adalah kista yang terus membesar (berukuran di atas 5 cm), atau menimbulkan keluhan, seperti perdarahan atau nyeri perut. Namun, di samping itu, kista tidak selalu berbahaya. Ada juga kista yang normal, yang akan menghilang dengan sendirinya salam 2-3 kali siklus menstruasi. Melihat dari ukuran kistanya, kemungkinan kista Anda masih tergolon tidak berbahaya. Namun, menentukan penanganan yang tepat untuk kista ovarium, tidak hanya ditentukan berdasarkan ukurannya saja. Dokter perlu mempertimbangkan beberapa aspek lain, seperti usia, gejala yang dialami pasien, dan penyakit lain yang dideritanya. Karenanya, sebaiknya Anda konsultasikan langsung keluhan Anda ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi ya.. Dokter akan menilai dengan pemeriksaan laboratorium dan USG, termasuk ke dalam jenis yang mana kista yang Anda alami. Jika disebabkan oleh kista yang fisiologis, maka kemungkinan tidak perlu dilakukan intervensi medis apapun. Namun, jika kista Anda berpotensi berbahaya, maka dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan hormonal atau menganjurkan Anda untuk melakukan operasi pengangkatan kista. Memiliki kista ovarium tidak selalu mengganggu kesuburan dan menghambat seseorang memiliki keturunan. Selama penanganan dilakukan dengan tepat dan Anda menjalani pola hidup yang sehat, kemungkinan ini bisa dihindari. Untuk membantu agar kista tidak bertambah besar, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ya:

    • Istirahat yang cukup 7-8 jam sehari
    • Kendalikan stres dengan bijak
    • Berolahraga teratur 30-45 menit sebanyak 3-4x seminggu, seperti jogging, renang, bersepeda, senam aerobik, dsb
    • Perbanyak minum air putih 8-10 gelas perhari
    • Konsumsi makanan bergizi seimbang. Perbanyak anti oksidan (sayur dan buah). Batasi makanan berlemak, berpengawet, instan, MSG.
    • Hindari rokok dan alkohol
    • Jaga berat badan ideal
    Semoga membantu ya..   dr. Nadia Nurotul Fuadah