Tanya Dokter

  • penyebab dan bahaya kista

  •  Lusi Li
    Anggota

    Pagi dokter umur saya 22thn mao tanya. apa si penyebab wanita bisa kena kista? Berbahaya tidak itu kistanya dok ??? Pengobatan apa yg palinb bagus buat kista yg ukuran 4cm?

    Hello, Kista merupakan salah satu jenis tumor jinak atau kantung jaringan yang dapat berisi cairan, udara, atau zat lainnya. Kista dapat tumbuh di berbagai organ seperti ovarium, usus, kulit, tulang, kelenjar dan lainnya. Kista dapat terjadi baik pada wanita atau pria, dan dapat terjadi pada hampir semua lapisan umur. Kista terjadi akibat pertumbuhan sel yang abnormal yang disebabkan oleh berbagai factor antara lain:

    1. Infeksi
    2. Peradangan kronik
    3. Penyakit keturunan
    4. Tersumbatnya sebuah saluran
    5. dan lainnya
    Pengobatan kista bergantung pada jenis kista, lokasi kista, dan gejala yang ditimbulkan oleh kista tersebut. Jenis kista apakah yang Anda alami? Dimanakah lokasi kistar tersebut? Pada umumnya jika kista yang terjadi tidak menunjukan gejala, tidak terinfeksi, tidak berukuran besar, tidak mengganggu fungsi organ, atau tidak tumbuh pada lokasi yang sensitive, maka pengobatannya tidak urgent. Namun jika Anda mengalami salah satu dari keluhan yang telah disebutkan diatas tersebut, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan jenis pengobatan yang tepat. Prognosa atau bahaya tidaknya sebuah kista didasarkan pada jenis kista yang Anda miliki. Konsultasikan kembali kepada dokter yang memeriksa Anda terkait jenis kista, lokasi kista, serta informasi terkait cara pengobatan dan prognosis dari kista tersebut. Anda dapat mengakses laman ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai salah satu kista yang tumbuh di ovarium pada wanita (disini). Sumber lain: www.healthline.com Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean