Tanya Dokter

  • pinggang sakit setelah 3 bulan operasi kista

  • Mlm dok, sy mau tny sy br hbs oprasi kista sktr 3bln yg lalu?tp stlh oprs kok pinggang sy srg skt ya?sy ingin tmbh momongan tp blm dpt apa solusi nya y dok

    Hai,   Rasa nyeri pada pinggang yang Anda rasakan sebaiknya segera Anda periksakan untuk mengetahui penyebab dari nyeri tersebut.  Karena rasa nyeri pada pinggang memiliki penyebab yang beragam yang berbeda tergantung dari lokasi nyeri yang Anda rasakan, sehingga dengan pemeriksaan fisik secara langsung bisa dibedakan berasal dari manakah nyeri tersebut. Adapun kemungkinan nyeri tersebut tidak berkaitan dengan operasi kista Anda. Biasanya penyembuhan luka operasi membutuhkan waktu 4-6 minggu. Jikapun ternyata berkaitan dokter yang mengoperasi Andalah yang akan paham mengenai kondisi ini. Kemungkinan penyebab dari rasa nyeri di pinggang Anda adalah :

    1. Gangguan pada otot punggung
    2. Gangguan pada tulang belakang
    3. Infeksi / peradangan pada ginjal
    4. Posisi / postur tubuh yang salah saat beraktivitas
    5. Terjepitnya saraf tulang belakang
    6. Dll
    Pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti X- Ray tulang belakang , CT SCAN dan MRI mungkin diperlukan untuk mencari penyebab dari keluhan ini. Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis yang Anda alami.   Sementara untuk mendapatkan momongan, karena Anda baru saja menjalani operasi kista maka sebaiknya persiapkan diri Anda sebaik mungkin sebelum Anda menjalani program hamil. Kontrol ke dokter dan tanyakan mengenai kesehatan organ reproduksi Anda dan kemungkinan untuk hamil kembali serta kapan waktu yang tepat untuk hamil pasca operasi. Untuk memudahkan kehamilan maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukab yaitu :
    1. Berhubungan intim saat masa subur. Ketahui kapan masa subur Anda dengan melakukan perhitungan kalkulator masa subur atau mengetes waktu ovulasi Anda dengan alat yang dapat Anda beli di apotik.
    2. Rutin melakukan hubungan intim setelah masa subur
    3. Jaga kesehatan reproduksi Anda dan pasangan Anda dengan cara berpuasa seks 3 hari menjelang masa subur.
    4. Konsumsi asam folat dan vitamin E untuk Anda dan pasangan.
    5. Cobalah posisi berhubungan dimana bisa terjadi penetrasi yang lebih dalam sehingga sperma bisa lebih mudah masuk dan menemui sel telur.
    6. Berikan bantal pada daerah bokong saat berhubungan dan setelah suami ejakulasi untuk membantu sperma masuk ke rahim lebih cepat.
    7. Istirahat cukup.
    8. Makan gizi seimbang.
    Jika dengan cara diatas Anda belum bisa mendapatkan keturunan selama setahun penuh maka periksakan diri Anda dan pasangan Anda kembali ke dokter untuk melihat kondisi organ reproduksi Anda masing masing. Baca artikel Mempermudah terjadinya kehamilan di SINI.   Semoga membantu.   Dr. Yusi