Tanya Dokter

  • Menstruasi 2 bulan terus menerus dan kaitan dengan kista ovarium

  • Hallo dok, umur saya 23 thn, saya mau tanya dok.. kmrin saya priksa di dokter untuk usg teryata saya terkena kista dok 5 cm.. dan saya baru menyadari nya bulan ini karna mens sudah tidak beraturan. Dan saya sekarang mens sudah hampir 2 bulan dok, kadang berhenti sedikit " kadang banyak. Dan saya meminum daun sirsak dok.. langsung mens nya bertambah banyak apakah itu bagus dok buat mengobati kista? Apakah saya mens di biarkan saja biar kista dapat keluar atau bahaya dok kalo mens terus menerus di biarkan saja? Trims

    Hai Dini,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kista ovarium terjadi apabila sel telur mengalami gangguan dalam proses pematangannya, sehingga gagal berovulasi, namun justru terisi cairan. Kista dalam menyebabkan menstruasi menjadi abnormal karena mengganggu stabilitas siklus di endometrium (dinding rahim). Pada kebanyakan kasus, menstruasi akan menjadi lebih jarang bahkan hingga berbulan-bulan. Namun, pada kasus lainnya, bisa juga terjadi perdarahan menstruasi yang berlebihan dan tidak kunjung usai.

    Penyebab pembentukan kista ovarium sendiri hingga kini masih belum diketahui secara pasti. Namun diduga hal ini erat kaitannya dengan ketidakseimbangan hormonal, misalnya akibat berat badan yang tidak ideal, pola makan tidak tepat, jarang berolahraga, dan berbagai faktor lain berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat.

    Kista yang berukuran kecil (kurang dari 4 cm) umumnya masih bisa ditangani dengan modifikasi gaya hidup. Namun, jika kista sudah berukuran 5 cm, maka cara alami ini saja tidak cukup. Dokter perlu juga meresepkan beberapa jenis terapi hormonal atau bahkan melakukan operasi.

    Belum ada penelitian yang memadai terkait manfaat rebusan daun sirsak untuk mengatasi kista ovarium. Kista ovarium tidak akan membaik atau memburuk dengan deras atau tidaknya menstruasi Anda, karena penyebabnya bukan di menstruasinya. Maka dari itu, ketimbang berspekulasi untuk terapi herbal yang belum jelas efektifitasnya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan terkait penanganan terbaik bagi kondisi Anda ya..

    Sementara itu, untuk membantu menghambat pertumbuhan kista, berikut tips yang baik untuk Anda lakukan:

    • Perbanyak konsumsi antioksidan, bisa dari sayur atau buah-buahan
    • Rutin berolahraga 3-4x dalam seminggu, misalnya jogging, renang, senam aerobik
    • Jaga berat badan ideal. Jika Anda memiliki masalah dengan kegemukan, lakukanlah diet untuk menurunkan berat badan
    • Kelola stres Anda dengan bijaksana

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah