Tanya Dokter

  • Peluang kesembuhan penderita kista ovarium

  •  Maria Ulpah
    Anggota
    dok saya punya kista berukuran 3,5cm karena tidak pernh haid selma 2 thn smnjk lahir ank ke 2 ap bisa hilang dengan sendiri, y dok. saat in sya sdng di ksi obat spya datng haid untuk memastikn kista bisa keluar brng haid atau engga. pertanyaan sya ap kista berukurn itu bisa hilng dok

    Hai Maria Ulpah,

    Kista ovarium merupakan kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Secara garis besar kista ovarium dapat digolongkan menjadi 2 yaitu:

    • Kista fungsional, yaitu kista yang timbul akibat fungsi normal dari siklus menstruasi (kista korpus luteum, kista folikel)
    • Kista dengan sel abnormal, yaitu tidak berhubungan dengan siklus menstruasi dan timbul akibat pertumbuhan sel yang abnormal (kista dermoid, kista adenoma)


    Penanganan kista ovarium akan tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran kista, jenis kista, ataupun gejala yang timbul. Penanganan kista ovarium meliputi:

    • Pemantauan berkala: bila tidak ada gejala dan kista ovarium berukuran kecil, dokter akan menyarankan pemantauan berkala dengan USG ulang secara periodik. Tujuannya adalah untuk menunggu dan mengamati apakah ada perubahan ukuran kista atau menghilang dengan sendirinya.
    • Pemberian obat-obatan hormonal untuk menghambat terbentuknya kista baru dan mencegah kista berkembang
    • Operasi pengangkatan kista dapat dianjurkan pada kasus di mana kista berukuran besar (lebih dari 5 cm), kista menetap dalam 2-3 siklus menstruasi, ukurannya membesar, atau disertai rasa sakit


    Kemungkinan obat yang diresepkan oleh dokter untuk Anda merupakan obat-obatan hormonal untuk mencegah kista berkembang sehingga diharapkan kista dapat mengecil. Kami belum dapat memastikan apakah kista yang Anda alami akan dapat mengecil atau tidak, karena hal ini tergantung pula pada respon tubuh Anda. Dokter akan memantau selama beberapa bulan untuk menilai perkembangan kondisi yang Anda alami dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai dengan kondisi yang terjadi.

    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Kista ovarium      
    Jangan takut dengan kista ovarium

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman