Tanya Dokter

  • Sering buang air kecil, mual dan mulut pahit saat terapi kista

  •  Maria Ulpah
    Anggota
    dok smnjk sya jalani pngobatn kista sya sering bak, mual shabis mkn, dan mulut sya tersa pahit. jika minum obat sprti nyangkt tidak tertelan. ap ini eepek dari kista itu dok, ap klau kista itu belum hilang sya akan rasakn sprti itu terus. yg lbi lgi jka sya mlkukn hbngn bdn trasa skit ap sprti itu terus dok.

    Hai Maria.. Terimaksaih untuk pertanyaan yang diberikan.

    kista merupakan kantong berisi cairan. bila terdapat kista di ovarium (bagian organ reproduksi yang berfungsi menghasilkan sel telur dan hormon estrogen- progesteron) maka disebut sebagai kista ovarium. Ada beberapa gejala yang umunya terjadi pada penderita kista ovarium, yaitu siklus menstruasi menjadi tidak teratur, nyeri saat berhubungan seksual, gangguan BAB atau BAK, dan rasa nyeri pada tulang belakang. Umumnya kista tidak berbahaya, tetapi bila tak ditangani akan memberikan gejala- gejala yang cukup mengganggu pada penderita. 

    Bila kista tak memberikan gejala dan ukuran kista kecil maka dokter kndungan akan menyarankan untuk dilakukan pengobatan tanpa operasi. Pengobatan yang diberikan ialah pil yang mengandung hormon untuk mencegah munculnya kista baru. Pengobatan membutuhkan waktu beberapa bulan dan perlu evaluasi rutin untuk melihat apakah ada perubahan ukuran kista. Jika ukuran besar, memberikan gejala yang berat, dan mengarah ke kanker ovarium maka dokter akan menyarankan tindakn operasi. 

    Bila anda kembali kontrol ke dokter kandungan maka anda dapat mengkonsultasikan ke dokter mengenai keluhan yang anda rasakan, tetapi umumnya hal ini disebabkan karena adanya kista tersebut. Bisa juga anda tidak cocok dengan obat yang diberikan sehingga dapat diganti dengan obat lain tetapi dengan efek yang sama.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti