Tanya Dokter

  • Pengaruh kista terhadap rahim serta pengobatannya

  • dok seminggu lalu saya habis kuret karena janin yang tidak bisa berkembang. lalu kemarin saya periksa dan di USG ternyata di rahim saya ada kista ukuranya 3,75 di dalamnya ada cairan kata dokter. saya dikasih antibiotik 2 minggu dan periksa lagi. apa kista itu bisa hilang dok? berpengaruh tidak pada rahim saya? dan apa ada hubungannya dengan kuret sebelumnya? terima kasih.

    Hai Afida Belum ada data yang mengatakan adanya hubungan antara keguguran dengan terjadinya kista ovarium (kista indung telur). Penyebab kista antara lain:

    • Kista normal akibat proses pembuahan (ovulasi), dimana akan hilang dengan sendirinya tergantung dari siklus menstruasi.
    • Kista dari sel tidak normal seperti kista dermoid, adenoma,dll.
    Kista disalah satu sisi yang berukuran kurang dari 7 cm dan tidak ada gejala apapun biasanya hanya dilakukan sekitar 2-3 bulan untuk dilakukan USG ulang untuk melihat kembali ukuran dan perkembangannya apakah mengecil atau bertambah besar. Kista biasanya terletak pada indung telur dan tidak berpengaruh pada rahim. Mengenai kista indung telur dapat Anda baca pada artikel alodokter.com dibawah ini: Penyebab kista ovarium Jangan takut dengan kista ovarium Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william