Tanya Dokter

  • gejala kista dari mens

  •  Echa Fitria
    Anggota

    maaf dok saya mau nnya ni saya mens nya gk selesai selesai selama satu bulan minggu pertama sampe 3 itu berupa plek aja minggu ini sudah bnyak.ap itu termasuk gejala kista dok ..n apa itu bisa membuat tidak hamil dok..mohon penjelasan nya dok.

    Hello Echa, Flek setelah masa menstruasi biasanya disebut sebagai spotting atau abnormal vaginal bleeding. Spotting bisa terjadi karena pengeluaran sisa darah menstruasi atau bias terjadi pada saat tubuh mengeluarkan sel telur dari ovarium. Keduanya adalah proses normal yang bisa terjadi pada siklus yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun harus diperhatikan jika spotting ini terjadi lebih dari 7 hari setelah periode menstruasi, total darah yang keluar lebih dari 60 ml sehingga menyebabkan gejala kekurangan darah. Penyebab terjadinya spotting sangat banyak, termasuk kista, dan untuk menentukan secara pasti dibutuhkan pemeriksaan dokter secara teliti. Berikut adalah kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan spotting atau flek:

    1. Infeksi organ-organ reproduksi
    2. Penyakit peradangan pada rongga panggul (Pelvic Inflammatory Disease)
    3. Polikista pada ovarium
    4. Tumor pada rahim
    5. Kelainan struktur dari organ reproduksi
    6. Kanker
    7. Penggunaan obat-obatan
    8. Penggunaan kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device)
    9. Penyakit metabolic seperti diabetes dan gangguan tiroid
    10. Stress
    Untuk itu sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter demi mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebab spottingnya. Untuk mendapatkan informasi detail tentang menstruasi dan gangguan-gangguan seputar menstruasi serta mengenai spotting, dapat diakses dalam laman-laman berikut : http://www.alodokter.com/menstruasi/ http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal http://www.webmd.com/women/tc/abnormal-vaginal-bleeding-topic-overview   Untuk keterkaitan antara kista dengan kesempatan untuk memiliki keturunan tidak sepenuhnya benar. Pada penderita yang memiliki kista tetap memiliki kemungkinan untuk hamil. Semakin cepat penanganan kista, semakin tinggi kesempatan orang tersebut untuk hamil. Berikut adalah informasi yang berkaitan dengan kista ovarium dan kehamilan, yang perlu Anda baca : http://www.alodokter.com/kista-ovarium/ http://www.alodokter.com/jangan-takut-dengan-kista-ovarium http://www.alodokter.com/kista-hambatan-wanita-memiliki-keturunan Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.