Tanya Dokter

  • Sakit pada vagina akibat kista bartholini

  •  Fist Love
    Anggota
    Selamat malam dok.... Saya niena umur saya 27 tahun..... Saya menikah.... 2 minggu lalu saya merasakan sakit di vagina saya.... Setelah itu saya berhubungan badan paginya ada benjolan di bibir vagina saya rasane sakit untuk beraktivitas duduk atau pun berjalan.... Setelah saya baca di interenet itu petanda saya terkena kista bartholini ....saya mulai melakukan terapi beranda di air hangat 4 x sehari..... Selama 3 hari.... Hari ke empat saya bangun tidur saya ke kama mandi saya Chen keluar seperti keputihan Dan kista saya mengecil.... Apakah itu petanda kista bartholini saya pecah dok...??? Saya pun sampai hari ini masih beranda di air hangat cuma sekarang saya lakukan 2x sehari..... Hr ini sudah hari ke delapan Dan kista saya mengecil Dan sudah tidak Terasa sakit di vagina saya..... Yang saya Tanya kan dok apakah itu berarti kista saya sudah sembuh dok.... Dan perlu kah saya pergi ke dokter specialists kandungan dok.... Dan boleh kah saya berhubungan sex ke bass dok.... Terima kasih dok

    Halo, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter

    Kista bartholin adalah kista yang terdapat pada kelenjar bartholin pada kedua sisi vagina, namun pada umumnya hanya terjadi pada satu sisi vagina. Kelenjar bartholin berfungsi untuk mengeluarkan cairan saat berhubungan seksual sebagai pelumas. Kista bartholin terjadi akibat infeksi dari bakteri atau peradangan dalam waktu yang lama pada daerah tersebut.

    Jika kista bartholin yang Anda alami sudah tidak terasa sakit dan mengecil, maka pada umumnya tidak diperlukan penanganan lebh lanjut. Anda juga dapat melakukan hubungan intim apabila sudah sembuh total dan tidak terdapat keluhan lagi. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter Umum atau Dokter Spesialis Kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

     

    Semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Christian Haryanto